Soto Tangkar, Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa

oleh

JAKARTA, RAKYATJATENG – Indonesia kaya akan berbagai jenis soto. Salah satunya, yang cukup dikenal masayarakat adalah Soto Tangkar. Kuliner berkuah ini dikenal berasal dari tanah Betawi. Ciri khasnya tentu menggunakan santan. Tentu sangat pas dihidangkan sebagai menu utama berbuka puasa.

Di Manggar Resto Jalan H Agus Salim, Nomor 16 A Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Soto Tangkar yang disuguhkan diolah dengan cara membakar dagingnya lalu menggunakan kuah santan. Aromanya segar dan rasanya sudah pasti gurih dan lezat, apalagi jika diseruput saat masih hangat-hangat.

“Hidangan ini memang paling cocok untuk berbuka puasa. Biasanya juga orang banyak mencari yang kuah kan,” jelas Deputi President Director od F&B Wihrasa, selaku payung yang menaungi Manggar Resto, Agus S. Swadie baru-baru ini.

Soto Tangkar merupakan sajian tradisional dengan komposisi andalan berupa keempukan daging sapinya. Wadah yang digunakan pun khusus, karena terbuat dari tanah liat. Belum lagi asap yang mengepul plus aroma sedap dari dalamnya.

Soal rasa, jangan ditanya, kelezatan yang disajikan dari kuahnya saja terasa gurih. Ditambah tekstur potongan daging sapinya begitu empuk saat digigit. Apalagi saat semua disantap bersama sepiring nasi putih yang hangat.

“Kami memang menghadirkan Soto Tangkar yang tidak terlalu asin. Karena lidah tiap pengunjung pasti beda-beda. Pokoknya yang nomor satu adalah menu lezat tanpa MSG, plus pelayanan yang memuaskan,” ujar Agus.

Harga yang ditawarkan masih relatif terjangkau. Menu makanan yang tersedia di Manggar Resto berkisar antara Rp 25 ribu sampai dengan Rp 70 ribu. Sedangkan untuk variasi minuman memiliki kisaran harga antara Rp 7 ribu sampai dengan Rp 25 ribu.

Tentu soto ini akan lebih enak jika disantap hangat bersama nasi panas dan sambal. Tak hanya soto tangkar dengan cita rasa yang aduhai, pencuci mulut seperti olahan pisang, risol, hingga mie goreng pun disajikan dengan cita rasa ciamik. (JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.