Inilah 5 Langkah Atasi Masalah Kulit Sensitif – Rakyat Jateng
GAYA HIDUP

Inilah 5 Langkah Atasi Masalah Kulit Sensitif

Ilustrasi kulit sensitif. Kulit sensitif membutuhkan perhatian khusus dan perawatan ekstra. (Boldsky)

RAKYATJATENG – Memiliki kulit sensitif memang sangat mengganggu aktivitas dan penampilan. Karena sifatnya yang sensitif, kulit menjadi lebih rentan merah dan gatal. Biasanya, kulit akan mudah kemefrahan jika terkena panas yang berlebihan, udara, dan bahan kimia.

Dilansir dari Healthy guide, Senin (14/5), tingkat kepekaan kulit tiap orang bervariasi. Kulit sensitif membutuhkan perhatian khusus dan perawatan ekstra. Berikut adalah beberapa cara terbaik tentang cara merawat kulit sensitif untuk wanita dan pria.

 

  1. Minum Air Lemon Setiap Hari

Orang dengan kulit sensitif harus memulai hari baru mereka dengan secangkir air lemon. Menurut sebuah penelitian, vitamin C dan antioksidan lain yang ditemukan dalam lemon dapat membantu melawan kerusakan radikal bebas.

Selain itu, air lemon membantu menghilangkan racun dari darah, membuat kulit bersinar dan bebas dari masalah kulit. Cukup, Anda hanya perlu menambahkan jus ½ lemon ke segelas air hangat. Kemudian, tambahkan madu mentah ke air dan minum setiap pagi saat perut kosong. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus menunggu setidaknya setengah jam sebelum menikmati sarapan.

 

  1. Terapkan Sunscreen

Menurut penelitian, tabir surya penting untuk melindungi kulit sensitif dari kerusakan oleh sinar UV yang berbahaya. Namun, ingatlah untuk menggunakan tabir surya yang mengandung titanium dioksida dan zinc oxide karena tidak akan membahayakan kulit sensitif Anda. Juga, tempelkan tabir surya dengan SPF 30.

Anda tidak pergi keluar di bawah sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya, bahkan jika dingin atau berawan. Terapkan setidaknya 20 menit sebelum meninggalkan rumah. Plus, hindari berada di luar pada siang hari, pakailah topi dan pakaian longgar untuk menutupi semua kulit.

 

  1. Pilih Produk Perawatan Kulit dengan Bijak

Ketika membeli produk perawatan kulit apa pun, Anda perlu membeli produk yang diformulasikan untuk kulit sensitif. Hindari menggunakan produk yang mengandung eksfoliant yang keras, alkohol, petro-kimia, zat pewarna, dan asam. Karena mereka dapat mengiritasi kulit.

Sebagai gantinya, pilih produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan alami dan bahan anti-inflamasi seperti teh hijau, teh putih, chamomile, lidah buaya, calendula, dan oat.

 

  1. Bersihkan Kulit Dengan Susu

Susu mentah memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi, yang membantu merawat kulit kering serta gatal. Susu juga menjaga kulit sensitif tetap lembab dan memperbaiki kulit wajah. Cukup, rendam kapas di susu dan kemudian oleskan pada kulit. Diamkan selama 5-15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

 

  1. Kenakan Busana Terbuat Dari Bahan Alami

Beberapa serat sintetis dapat menyebabkan iritasi kulit. Jadi, jika ingin merawat kulit sensitif, kenakan pakaian yang terbuat dari sutra, katun, atau bahan lembut lainnya. Meskipun wol juga alami, itu kasar dan hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari wol jika memiliki kulit sensitif.

Selain itu, jika memakai perhiasan logam harus dengan hati-hati. Banyak perhiasan yang terbuat dari nikel dapat menyebabkan reaksi alergi. Untuk mengatasinya, pastikan bahwa perhiasan terbuat dari perak atau baja tahan karat. (JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!