Inilah 5 Cara Mudah Diet Kurangi Gula – Rakyat Jateng
GAYA HIDUP

Inilah 5 Cara Mudah Diet Kurangi Gula

Makan banyak gula juga bisa membuat seseorang merasa lesu, lelah, dan cepat mengantuk. (Istimewa)

RAKYATJATENG – Sebetulnya ada cara paling sederhana dan mudah untuk mengurangi berat badan. Cobalah batasi diri mengonsumsi makanan dan minuman manis. Tak perlu diet ekstra ketat melewatkan makan pagi, siang atau malam. Cukup menjauhi camilan manis.

Sebab, gula mengandung kalori yang tinggi. Gula juga sangat jahat karena bisa menaikkan kadar gula darah. Bahkan, bisa mengancam seseorang terkena penyakit diabetes jika berlebihan.

Konsumsi gula berlebih terkait erat dengan kanker, penyakit kronis, masalah pencernaan, dan gagal jantung. Terlalu banyak makan gula juga bisa membuat seseorang merasa lesu, lelah, dan cepat mengantuk. Dilansir dari Pop Sugar, Jumat (11/5), ada lima tips yang sangat mudah untuk membantu seseorang membatasi gula dengan aman dan efektif.

Secara Bertahap

Jika makan gula setiap hari, entah itu dari soda, permen, atau kudapan olahan, buatlah perjanjian dengan diri sendiri bahwa Anda hanya akan makan lima camilan manis minggu depan. Seminggu setelah itu, kurangi menjadi empat, dan terus kurangi sampai makan hanya satu camilan manis seminggu. Semakin sedikit gula yang dimakan, semakin sedikit tubuh akan menginginkannya. Dengan bertahap, maka diet tak akan sulit.

Ganti Gula Alami

Ada begitu banyak makanan alami yang rasanya nikmat dan manis. Pikirkan buah favorit seperti pisang, mangga, buah beri, dan nanas. Bisa juga dengan menambahkan madu mentah ke teh atau gunakan sirup maple.

Hindari Pemanis Buatan

Mungkin seseorang berpikir bahwa pemanis buatan adalah jawaban untuk mengganti gula. Tapi pemanis buatan sangat sulit untuk dicerna. Sehingga menyebabkan masalah kembung dan pencernaan. Jika terus menerus mengonsumsi produk mengandung pemanis buatan, maka tubuh bisa kecanduan.

Jauhi Makanan Olahan Asin

Mungkin ada dorongan untuk mengganti makanan bergula dengan sesuatu yang asin atau berminyak, seperti keripik kentang. Tetapi itu tidak akan membantu dalam jangka panjang. Ketika mengonsumsi makanan yang sangat tinggi sodium dan lemak, justru akan berakhir dengan keinginan rasa yang berlawanan. Akhirnya lidah rindu rasa makanan manis.

Atur Waktu Makan Manis

Rencanakan makanan manis hanya pada hari Minggu, boleh sesekali makan dan minum camilan. Sehingga tubuh beristirahat selama sepekan tak dimanja dengan camilan manis. (JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!