Segera Dioperasikan, Koridor VII Akan Layani 15 Armada BRT Trans Semarang

  • Bagikan
????????????????????????????????????

SEMARANG, RAKYATJATENG – Koridor VII Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang bakal segera dioperasikan, ditandai dengan peresmian pada 15 Mei 2018 di halaman Balai Kota Semarang.

“Kami terus mempersiapkan peluncuran Koridor VII BRT Trans Semarang,” kata Kepala Divisi Pengendali Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang Ihkwan Susanto di Semarang, Rabu (9/5).

Kesiapan yang dilakukan, kata dia, di antaranya dengan pengecekan kesiapan dan kelaikan armada, seperti panel rute “running text”, closed camera television (CCTV), dan alat pembantu keselamatan di dalam armada.

Uji kelaikan jalan, kata dia, juga dilakukan untuk memastikan kesiapan armada BRT Trans Semarang pada Koridor VII sebelum resmi dioperasikan, termasuk kelengkapan surat armada.

Yang jelas, Ikhwan mengatakan kesiapan yang dilakukan memperhatikan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, baik menyangkut armada yang dioperasikan maupun pengemudi.

Sementara itu, Kepala BLU Trans Semarang Ade Bhakti mengungkapkan peningkatan kualitas pelayanan tidak hanya dari kelaikan armada, melainkan juga pengemudi harus memenuhi persyaratan.

“Persyaratan yang harus dipenuhi pengemudi BRT Trans Semarang, yakni bebas narkoba, lolos tes kesehatan, tes psikotes, dan mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM) B1 Umum,” katanya.

Berkaitan dengan Koridor VII BRT Trans Semarang, kata dia, setidaknya 38 “shelter” atau halte disiapkan untuk menunjang pengoperasian koridor baru yang menggunakan model portabel tipe A atau berukuran besar.

Penambahan “shelter” di sepanjang rute Koridor VII, kata dia, nantinya akan dilakukan jika diperlukan, termasuk apabila ada permintaan masyarakat selaku pengguna jasa transportasi.

Ade menyebutkan setidaknya 15 unit armada BRT Trans Semarang siap dioperasikan untuk melayani Koridor VII yang memiliki jarak tempuh sejauh 41,6 kilometer dengan satu “pool” di Terminal Terboyo Semarang.

Untuk rute Koridor VII, dimulai dari Terminal Terboyo-Kaligawe-Woltermonginsidi-Jalan Soekarno-Hatta (Arteri)-Lapak Sementara Pasar Johar-Jalan Pattimura-Kota Lama-Jalan Pemuda-Tugu Muda-Imam Bonjol dan kembali ke Terminal Terboyo Semarang. (ant)

  • Bagikan