Tol Eks Karesidenan Surakarta Bisa Urai Kemacetan Jalur Padat

oleh
Spread the love

SUKOHARJO, RAKYATJATENG – Segera difungsikannya akses jalan tol di wilayah Eks Karesidenan Surakarta diharapkan mampur memecah arus lalu lintas (lalin). Apalagi wilayah rawan macet seperti Solo Baru dan Kartasura saat mudik maupun hari biasa. Dengan begitu arus l‎intas akan semakin lancar.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta mewakili Kapolres Sukoharjo mengatakan, selama ini yang menyebabkan kemacetan di wilayah Kartasura adalah bertemunya arus kendaraan dari Jogja dan Semarang yang menuju ke Solo. Sebab, tidak ada jalur lain yang memecah arus.

Sementara itu, untuk Solo Baru, arus dari Wonogiri ke Sukoharjo atau sebaliknya. Namun, dengan adanya tol nanti tentu arus lalu lintas akan semakin berkurang. Seperti mereka yang datang dari Semarang dan ingin menuju Surabaya bisa melewati tol. Jadi tidak perlu melintasi Kartasura.

”H+1 Lebaran itu yang biasanya peningkatan cukup tajam. Terkait ini kami akan koordinasikan dengan pihak terkait,” paparnya.

Dalam hal ini pihak yang akan mereka ajak berunding soal rute adalah Dinas Perhubungan Sukoharjo. Pembahan termasuk rambu-rambu yanf dibutuhkan dan rute-rute alternatif. Sebab, bila tidak dibahas akan kurang persiapannya. Pengalam tahun lalu saat mudik anggota mulai mengatur jalur mulai jam 08.00 – 15.00 tidak putus di Kartasura.

Finan menuturkan, akan lebih baik sebenarnya bila di wilayah Kartasura memiliki fly over. Jadi arus bisa dikurangi dan ‎lalin bisa lebih lancar. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut perlu waktu yang lama.

”Semoga suatu saat bisa dibangun itu fly over,” katanya. (JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *