City Menang Telak Atas West Ham 4-1

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Manchester City masih lapar kemenangan meski sudah dipastikan menjuarai Premier League. City menang telak 4-1 ketika bertandang ke markas West Ham United.

Manyambangi London Stadium, Minggu (29/4), City yang menguasai jalannya permainan sejak awal hingga akhir unggul 2-1 di babak pertama. Gol Leroy Sane di menit ke-13 dan gol bunuh diri Pablo Zabaleta di menit ke-27 dibalas West Ham melalui tendangan bebas Aaron Cresswell di menit ke-42.

Pada paruh kedua, City mencetak dua gol tambahan. Gol Gabriel Jesus di menit ke-53 dan Fernandinho di menit ke-64 memantapkan kemenangan tim tamu.

Berkat kemenangan ini, City mengumpulkan 93 poin dari 35 pertandingan, unggul 19 poin atas Manchester United yang berada di peringkat kedua. Sementara itu, West Ham terpuruk di posisi ke-15 dengan 35 poin.

Jalannya Pertandingan

City mendominasi total permainan sejak awal laga. Akan tetapi, karena rapatnya pertahanan West Ham, City cuma banyak mengoper bola dalam sepuluh menit pertama tanpa sekali pun melepaskan tembakan.

Tembakan pertama City pada laga ini, yang terjadi pada menit ke-13, langsung berbuah gol. Sane menguasai bola di luar kotak penalti dan melepaskan tembakan. Tembakannya mengenai kepala Patrice Evra dan berubah arah. Hal ini mengecoh kiper West Ham, Adrian, yang cuma bisa terdiam melihat gawangnya bergetar. City memimpin 1-0.

Memasuki menit ke-27, Raheem Sterling lolos dari jebakan offside dan langsung berhadapan dengan Adrian. Akan tetapi, tembakan Sterling diblok oleh bek West Ham.

Beberapa detik kemudian, keunggulan City bertambah menjadi 2-0. Zabaleta membuat gol bunuh diri ketika dia salah mengantisipasi umpan silang dari Kevin De Bruyne.

West Ham menipiskan ketertinggalannya menjadi 1-2 lewat gol Cresswell. Cresswell memaksimalkan sebuah tendangan bebas untuk menjebol gawang City. Tembakannya melengkung melewati pagar hidup pemain City dan tak bisa dijangkau oleh Ederson.

Percobaan De Bruyne pada menit ke-43 tak berbuah gol. Tembakan jarak jauhnya bisa diamankan oleh Adrian. Percobaan lainnya dari De Bruyne di injury time babak pertama juga tak mengubah keadaan karena tembakannya masih sedikit melambung.

Peluang terakhir City di babak pertama didapatkan oleh Sterling. Tapi, sepakan kerasnya dimentahkan oleh Adrian.

City mencetak gol ketiganya saat pertandingan memasuki menit ke-53 lewat gol Gabriel Jesus. Gol ini diawali umpan terobosan Gabriel Jesus kepada Sterling, yang menusuk ke kotak penalti. Sterling kemudian mengoper kepada Gabriel Jesus yang muncul dari belakang. Gabriel Jesus dengan mudah mencetak gol dari jarak dekat karena tinggal menghadapi Adrian.

City kemudian mengancam lagi. Sterling menusuk ke kotak penalti dan memberikan bola kepada De Bruyne, tapi penyelesaian De Bruyne tak menemui sasaran.

Sterling membuang sebuah kesempatan emas di menit ke-61. Dia tinggal berhadapan dengan Adrian setelah mendapatkan umpan terobosan dari Gabriel Jesus, tapi penyelesaiannya cuma mengenai kaki kiper West Ham itu.

Tiga menit kemudian, City mengubah skor menjadi 4-1 melalui gol Fernandinho. Fernandinho merebut bola di lini tengah dan kemudian mengoperkannya kepada Sterling yang berada di kotak penalti. Sterling lantas mengembalikannya kepada Fernandinho, yang menyambar bola dengan tembakan keras ke dalam gawang.

Di sisa waktu, City mendapatkan beberapa peluang lainnya. Tapi, tak satu pun peluang itu yang berujung gol tambahan. (dtc)

  • Bagikan