Phapros Serius Pasarkan Alat Inasunt Untuk Penderita Hidrosefalus

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – PT Phapros Tbk, perusahaan yang bergerak dalam bidang farmasi dan alat kesehatan, serius memasarkan alat kesehatan untuk penderita hidrosefalus. Bahkan, produk berupa vivisan telah dipasarkan dan masuk dalam e-Katalog.

Direktur Utama Phapros Barokah Sri Utama, mengatakan, produksi vivisan saat ini sudah dipasarkan dan masuk di dalam ekatalog. Di Katalog produk ini bernama Inasunt atau VP Shunt.

Alat kesehatan itu, digunakan untuk mengalirkan cairan yang terkumpul di otak, mengurangi cairan berlebih di kepala. “Alat itu tidak banyak, dan itu sudah dilaunching di katalog. Alat itu kolaborasi Phapros dengan Universitas Gajah Mada (UGM),” ujar Barokah.

Menurut dia, alat inasunt diproduksi dengan lebih mengutamakan konten lokal. Tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dalam alat Inasunt lebih besar ketimbang impor.

“Itu perlu kami sampaikan, TKDN di Inasunt cukup besar dibanding impor. Itu penting untuk kemandirian alat kesehatan,” ujarnya.

Alat Inasunt sendiri diproyeksi sebagai solusi untuk penderita penyakit hidrosefalus. Penyakit itu yaitu kondisi dimana otak mengalami kelebihan cairan. Jika tidak diobati akan menciptakan tekanan di kepala dan menyebabkan kerusakan otak.

Namun demikian, Phapros masih berhitung untuk mengembangkan alat kesehatan berbasis sel punca untuk pengobatan langsung. Itu karena untuk pengobatan butuh tahapan yang sangat panjang.

Untuk saat ini, Phapros bersama Universitas Airlangga baru memanfaatkan hasil samping dari sel punca untuk anti-aging. “Masih validasi dengan bahan terkait. Stemsell masih banyak belajar, kita masuk di bisnis, tapi yang risiko rendah. Kita belum siap melakukan bisnis dengan risiko tinggi. Kalau iya dilakukan dengan pusat riset yang siap di luar negeri,” ujarnya. (kcm)

  • Bagikan