Debat Pilgub Jateng Putaran Kedua Digelar di Sukoharjo, Ini Alasannya

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat lanjutan kandidat gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah pada 3 Mei 2018 mendatang. Debat kedua ini rencananya bakal dilangsungkan di Kota Sukoharjo.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menyebutkan, debat publik kali ini sedianya diselenggarakan di Kota Semarang seperti acara sebelumnya. Namun, lantaran tak menemukan lokasi yang sesuai, akhirnya dipilihlah tempat lain.

“Sebenarnya di (Kota dan Kabupaten) Semarang kita sudah survei bersama dengan teman-teman dari stasiun televisi yang menyiarkan. Tapi mereka tidak merekomendasikan karena beberapa faktor,” katanya saat ditemui di kantornya.

“Lima TV konsorsium nanti akan menyiarkan semua. Dan untuk TV di Jateng bisa melakukan relay, asal tak menghilangkan logo (penyiar),” sambungnya.

Sedangkan sejumlah faktor yang tidak direkomendasikan tadi, lanjut Joko, antara lain luas ruangan untuk menampung tamu undangan maupun pendukung masing-masing pasangan calon. “Ada juga masalah sirkulasi udara, konstruksi bangunan, atau semisal ada suara sedikit saja bisa masuk ruangan (debat), itu kita cek semua,” katanya lagi.

Maka dari itu, Joko menuturkan, akan adanya kemungkinan perubahan peraturan terkait jumlah tamu undangan maupun jumlah pendukung. Ia meminta masing-masing pihak untuk menyesuaikan dan memaklumi hal tersebut.

Joko menambahkan, debat publik kedua besok masih akan melanjutkan tema debat pertama sesuai dengan visi misi pasangan calon dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Panjang (RPJMP). Yaitu publik dan perekonomian.

“Kalau sub tema, masih digodok oleh tim perumus. Bisa empat, bisa lima atau lebih juga kurang. Itu nanti diputuskan sehari sebelum pelaksanaan atau tanggal 2 Mei,” tandasnya.

Pilgub Jateng sendiri perlu diketahui, hanya diikuti dua paslon yaitu pasangan nomor 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung koalisi PDIP, PPP, Demokrat dan Nasdem. Sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah usungan koalisi Gerindra, PKS, PKB dan PAN adalah paslon dengan nomor urut dua. (JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *