29 Pendaftar Anggota DPD RI Dapil Jawa Tengah, 2 Ditolak

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Hingga hari terakhir pendaftaran, sebanyak 29 orang dari berbagai latar belakang pekerjaan dan pendidikan telah mendaftar sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia pada Pemilu 2019 untuk daerah pemilihan Jawa Tengah.

Menurut anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah Hakim Junaidi, dari 29 pendaftar itu, tiga di antaranya adalah incumbent. Ketiganya adalah Denty Eka Widi Pratiwi, Bambang Sadono, dan GKR Ayu Koes Indriyah. “Ya, dari 29 pendaftar, tiga di antaranya petahana,” ujar Hakim, Jumat (27/4).

Hakim menjelaskan, KPU Provinsi Jateng telah membuka pendaftaran pencalonan perseorangan anggota DPD calon peserta Pemilu 2019 pada 22 April hingga 26 April 2018. “Penutupan pendaftaran dilakukan pada Kamis (26/4) pukul 24.00 WIB,” tuturnya.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2017 dan jumlah daftar pemilih tetap pemilu terakhir di Jawa Tengah lebih dari 15 juta jiwa, maka calon anggota DPD RI dengan Daerah Pemilihan Jateng yang mendaftar harus menyertakan bukti dukungan berupa salinan KTP sekurang-kurangnya 5.000 dukungan. 5.000 salinan KTP ini harus tersebar di minimal 18 kabupaten/kota.

Menurutnya, dari 29 pendaftar, dua di antaranya ditolak karena tidak bisa menyerahkan dukungan minimal 5.000 dukungan di 18 kabupaten/kota.

Setelah pendaftaran ini, maka selanjutnya KPU Jateng akan melakukan pengecekan administrasi selama sepuluh hari ke depan terhadap bukti dukungan para calon anggota DPD RI yang sudah mendaftar.

Dijelaskannya, bila nantinya dari hasil pengecekan administrasi itu ada data-data yang tidak sesuai, maka KPU akan mengurangi jumlah dukungan dari calon yang bersangkutan. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *