Selama “Angkringan on Station”, 5.000 Bungkus Nasi Angkringan Gratis Habis di Stasiun Tawang

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sebanyak 5.000 hidangan nasi bungkus angkringan gratis habis dibagikan kepada calon penumpang kereta api yang sedang menunggu pemberangkatan di Stasiun Tawang Semarang. Pembagian makanan khas itu dalam rangka “Angkringan on Station” yang digelar selama empat hari yakni 17-18 April dan 24-25 April, pukul 16.30 WIB sampai 21.00 WIB.

Bukan hanya itu, sambil menikmati kuliner tradisional, para calon penumpang juga dimanjakan dengan pertunjukan musik. “Angkringan on Station” ini mampu membangkitkan nostalgia dan kesan kekeluargaan kepada para penikmatnya.

Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Dwi Erni Ratnawati, mengatakan bahwa sebagai rasa terima kasih PT KAI, sekaligus bagian dari peningkatan pelayanan kepada para penumpang kereta api di Stasiun Semarang Tawang, pihaknya menyajikan suasana yang berbeda dan khas kepada para pengguna jasa KA di Stasiun Semarang Tawang. “Mereka dapat menikmati makanan khas angkringan yang melibatkan para pelaku usaha UMKM yang bergerak di bidang kuliner tradisional,” ujar Dwi Erni Ratnawati, Rabu (25/4).

Namun, para calon penumpang KA yang ingin mendapatkan aneka hidangan gratis itu ada syaratnya. Yakni, cukup menginstal dan register aplikasi KAI Access di ponsel pintar masing-masing. Cara itu cukup ampuh menarik perhatian konsumen yang berbondong-bondong datang ke gerai angkringan sembari menunjukkan aplikasi KAI Access yang telah terpasang di smartphone mereka.

Menurut Dwi Erni, selama empat hari berlangsungnya even ini, total sebanyak 5.000 sajian angkringan dari berbagai macam makanan telah disajikan kepada para penumpang KA di Stasiun Semarang Tawang. “Kami berharap kegiatan Angkringan on Station ini dapat menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara KAI dan masyarakat khususnya pengguna setia jasa KA,” tuturnya.

PT KAI saat ini gencar menyosialisasikan  pemesanan tiket dapat dilayani melalui fasilitas online, salah satunya aplikasi KAI Access. Dengan aplikasi ini masyarakat bisa memesan tiket bagi perjalanan kereta api satu jam sebelum berangkat. Selain itu, masyarakat juga berkesempatan mendapatkan harga tiket kereta api yang sedang promo diskon.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, mengimbau masyarakat yang ingin memesan tiket kereta api, terutama pada masa angkutan Lebaran 2018, bisa memesan melalui layanan online. “Salah satunya dengan aplikasi KAI Accsess, jadi tidak perlu lagi mengantre di loket. Semua sudah serba mudah dan modern,” jelasnya.

Tercatat pada 2017, jumlah penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang sebanyak 5.808.033 orang, di mana 13.127 orang menggunakan sebagai fasilitas tiket rombongan. Sebagai perbandingan jumlah tiket rombongan di wilayah Daop 4 Semarang, terjadi kenaikan sebesar 234%, di mana pada angkutan rombongan di triwulan 1 2017 berjumlah 3.517 orang, dan di periode triwulan 1 2018 (pada periode yang sama) berjumlah 8.215 orang.

Sementara dalam hal pengguna pemesanan tiket secara online di wilayah Daop 4 Semarang terjadi peningkatan sebesar 5%, di mana sebelumnya berkisar di angka 65% dari transaksi hariannya pada 2017, dan di tahun 2018 meningkat menjadi 70%. (sdn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono