Diprediksi Macet Saat Mudik, Gerbang Tol Gandulan Pemalang Dibuka H-10 Lebaran

oleh

PEMALANG, RAKYATJATENG – Setelah dikebut pembangunannya, gerbang tol Gandulan, Pemalang, Jawa Tengah, direncanakan beroperasi pada H-10 lebaran. Gerbang terakhir dari Brebes-Semarang tersebut diperkirakan menjadi salah satu titik kemacetan parah saat arus mudik lebaran nanti.

“Persiapan kita sudah hampir 90 persen. Diusahakan nanti pada H-10 Pintu gerbang tol Gandulan sudah oprasional, semoga bisa mengurangi kepadatan arus. Tapi Gandulan ini diprediksi jadi salah satu titik kemacetan,” kata Karo Bin Ops Mabes Polri, Brigjen Pol Imam Sugianto saat kunjungannya bersama Tim Survei Jalan Tol Kesiapan Pengamanan Lebaran 2018 di Exit tol Gandulan, Selasa (24/4).

Imam mengatakan, pintu keluar tol Gandulan itu berpotensi terjadi kemacetan lantaran menjadi pintu keluar terakhir di tol ruas Pejagan-Pemalang. Selain di Gandulan, Imam menyampaikan, titik potensi kemacetan lainnya ada di pintu tol Gringsing, Batang dan Krapyak, Semarang.

“Mulai dari Gandulan, Pemalang hingga ke Semarang, sejauh 108 Km jalan tol akan dibuka secara fungsional, karena pengerjaan belum selesai 100 persen,” tambahnya.

Imam mengimbau, pemudik bijak dalam menyikapi hari libur nasional, yang telah diperpanjang oleh pemerintah. Pemudik sebaiknya jangan secara bersamaan saat pulang menuju ke Jawa Tengah atau Timur, agar tidak terjadi kemacetan parah.

“Sebaiknya nanti kalau mudik, jangan bersamaan milih hari. Gunakan hari libur panjang sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Pemalang, AKBP Agus Setyawan dalam paparannya menyampaikan pihaknya akan mendirikan Pos Pam terpadu di 3 lokasi, Pos pelayanan di 4 lokasi, Pendirian Sub Pos Pam 5 Lokasi di sepanjang jalur Tol Pemalang. Dan Rest Area ada di 1 Lokasi, Rest Area ada di daerah Kelang Depok Kecatan Bodeh, Kabupaten Pemalang.

“Untuk mengurai kemacetan, kami akan lakukan rekayasa lalu lintas di pintu tol Gandulan dengan cara 3-1, yakni 3 kali penarikan arus – 1 kali Normalisasi,” papar Agus.

Sistem Contra Flow juga akan dilakukan apabila ada kamacetan di jalur Pantura. Barier Gade agak di geser ke Timur sejauh 2 km. Dan untuk mengurangi kepadatan diharapkan agar Bus dan Truck agar Exit di Brexit. (mtv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *