Penuhi Ambisi, Persis Tekuk Semen Padang 3-0

oleh

SOLO, RAKYATJATENG – Persis berhasil memenuhi ambisinya meraih poin penuh setelah menaklukkan Semen Padang dengan skor 3-0 pada pertandingan pembuka kompetisi Liga 2 Indonesia 2018 di Stadion Manahan Solo, Jateng, Senin (23/4) malam.

Persis menghadapi Semen Padang dengan disaksikan sekitar 24.000 penonton bermain seru dan menarik karena kedua kesebelasan menampilkan permainan terbaik dan saling menyerang.

Persis memulai babak pertama langsung mengambil inisiatif serangan dengan mendapat peluang menit awal melalui sundulan kepala Johan Yoga, tetapi sayang bola arahnya di atas gawang Semen Padang.

M Wahyu dan kawan-kawan kembali mendapat peluang menit 10 melalui tendangan keras Dedi Cahyono, tetapi sayang bola tipis menyamping gawang Semen Padang, yang dijaga kiper Guntur Pranata. Dedi menit 12 kembali melakukan tendangan keras dari tengah, kembali bola arahnya tipis di samping gawang Semen Padang, sehingga belum mengubah kedudukan tetap 0-0.

Persis baru mampu membuahkan gol menit 19 melalui sundulan kepala Azka Fauzi setelah memanfaatkan umpan silang Dedi Cahyono, sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk tim tuan rumah.

Semen Padang mendapat peluang menit 32 melalui tendangan Irsyad Maulana, tetapi bola mampu diblok oleh kiper Galih Sudaryono, sehingga kedudukan tetap 1-0 untuk Persis hingga babak pertama usai.

Persis memasuki babak kedua tetap bermain lepas dan mengandalkan serangan balik cepat yang sering menciptakan peluang. Sebaliknya Semen Padang terus melakukan tekanan menyamakan kedudukan.

Persis kembali menambah gol menit 53 melalui tendangan keras Eli Nasoka dari luar kotak penalti, yang tidak mampu diantisipasi kiper Semen Padang, Guntur Pratama, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Persis yang sudah unggul dua gol, kemudian melakukan pergantian menarik Eli Nasokan dan memasukan Tri Handoko serta Dedi Cahyono keluar diganti Sunarto untuk menambah kekuatan lini depan.

Persis akhinya membekukan kemenangan menjadi 3-0 melalui tendangan voli kaki Tri Handoko setelah memanfaatkan umpan silang Jalwandi, pada tambahan waktu tiga menit babak kedua. Persis akhirnya tetap bertahan 3-0 setelah wasit yang memimpin pertandingan, Mugino (kalimantan Timur) meniup peluit panjang tandan babak kedua berkahir.

Wasit pada pertandingan tersebut mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Rudi (Semen Padang), Soni Setiawan, dan Johan yoga ( Persis) karena melakukan pelanggaran cukup keras.

Pelatih Semen Padang Syafrianto Rusli mengatakan timnya banyak mendapat tekanan sehingga mereka tidak bisa berkembang. Timnya babak pertama sempat menuasai permainan, tetapi setelah gawangnya kemasukan mereka mentalnya turun.

Pelatih Persis Solo Jafri Sastra mengatakan anak-anak pada partai pembukan Liga 2 bermain luar biasa. M Wahyu dan kawan-kawan bisa bermain lepas untuk membuat peluang ke gawang lawan.

“Kami perintahkan anak-anak untuk menunggu dan sabar karena Semen Padang dipastikan akan menekan untuk bisa membuat gol. Namun, Semen padang kehilangan bola kami langsung melakukan serangan balik cepat yang membuahkan gol,” kata Jafri Sastra. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *