HUT Kota Tegal, Pejabat Pemkot Main Ketoprak Amangkurat Mas

oleh
Spread the love

TEGAL, RAKYATJATENG – Pemkot Tegal dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan Sanggar Kethoprak Taruna Abdi Budaya mementaskan lakon Amangkurat Mas di Pendapa Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota, Sabtu (21/4) malam. Pentas ketoprak ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-438 Kota Tegal.

Dalam pementasan ini, Plt Sekretaris Daerah Yuswo Waluyo berperan sebagai Ki Banyak Wide, Staf Ahli Walikota Gito Musriyono sebagai Kiai, dan Staf Ahli Walikota Sugeng Suwaryo sebagai Kumendur. Amangkurat Mas menceritakan tentang ketamakan dan keangkaramurkaan seorang pemimpin yang disimbolkan dengan Amangkurat.

Kendati di mata masyarakat baik, sebenarnya Amangkurat merupakan pendukung penjajah. Sebaliknya, Pangeran Puger yang dianggap tidak baik di mata masyarakat justru yang antipenjajah. Amangkurat akhirnya dapat dikalahkan oleh Pangeran Puger sehingga menjadikan Puger seorang raja. Lakon ini menyiratkan pesan bahwa kita harus bijak dalam menilai seorang pemimpin.

Pjs Walikota Tegal Achmad Rofai menyampaikan, selain memperingati Hari Jadi, pementasan ketoprak ini merupakan upaya Pemkot menguri-uri budaya bangsa dan memperkenalkannya kepada generasi penerus. Rofai menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang sudah berpartisipasi dalam pementasan tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Tegal yang telah mengikuti rangkaian acara dalam peringatan Hari Jadi ke-438 Kota Tegal,” kata Rofai. (rtgl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *