Sri Mulyani Jadi Tokoh Perempuan Terpegah dan Tervokal

oleh

JAKARTA, RAKYATJATENG – Hasil riset yang dilakukan Indonesia Indicator (I2) bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi tokoh perempuan Indonesia terpegah(termasyur, top person) dan tervokal (top influencer) di media massa dalam satu tahun terakhir.

Siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (23/4), menyebut riset yang dilakukan oleh sebuah perusahaan intelijen media itu, sepanjang 1 April 2017 hingga 1 April 2018, dari sekitar 11 juta berita yang diwartakan 3.364 media “online” berbahasa Indonesia, hanya terdapat 104 figur perempuan dari 2.000 nama yang muncul dalam pemberitaan media di Tanah Air.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang mengatakan bahwa porsi pemberitaan figur perempuan di media hanya menempati porsi 5 persen dibandingkan figur laki-laki. Kondisi itu tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Berdasarkan data yang diteliti I2, rasio pemberitaan media tentang perempuan dan laki-laki adalah 1:18. Ini berarti bahwa dari 18 nama yang diberitakan media rata-rata hanya memunculkan satu nama perempuan, ujar Rustika dalam paparan hasil riset bertajuk “Perkembangan Sosok Perempuan di Ruang Media 2018, Kajian Analisis Intelijen Media”. (bsn)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.