Yuk ke Tempat Kelahiran RA Kartini di Jepara, Ada 7 Tempat Wisata Menarik

oleh

JEPARA, RAKYATJATENG – Setiap 21 April setiap tahunnya, masyarakat Indonesia merayakan Hari Kartini untuk mengenang jasa akan sosok pahlawan wanita, RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi kaum wanita.

Ingat Ibu Kartini, ingat pula dengan Jepara, Jawa Tengah, tempat kelahiran pahlawan yang lahir pada 1879 tersebut. Akan tetapi, di luar statusnya sebagai tempat kelahiran pahlawan yang terkenal dengan buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ tersebut, Jepara juga menyimpan cerita lain.

Tahukah Anda, bahwa kabupaten Jepara juga memiliki banyak tempat-tempat wisata menarik dan indah untuk dikunjungi? Masih belum tahu sekiranya apa-apa saja sih destinasi wisata menarik mulai dari alam hingga sejarah yang bisa disambangi ketika bertandang ke Jepara? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasan 7 tempat wisata menarik di Jepara yang rasanya sayang untuk dilewatkan.

  1. Pantai Bondo

Tempat wisata satu ini dikenal sebagai lokasi wisata romantis, sebab disebutkan sering menjadi latar lokasi untuk proses melamar. Ada hiasan berbentuk bambu berhiaskan bunga-bunga yang dibentuk gambar hati, berada di sekitar area bibir pantai. Selain latar romantis, pantai Bondo juga dikenal sebagai pantai ombak mati sebab tidak adanya ombak di pantai ini.

Untuk mencapai lokasi ini, bisa dengan cara menuju kawasan Bangsri baru lanjut ke arah Melonggo hingga Bondo. Selama perjalanan, Anda bisa menjadikan papan papan bertuliskan Pantai Bondo jadi panduan.

  1. Pantai Bandengan

Selain pantai Bondo, ketika berkunjung ke Jepara kita bisa juga datang ke pantai Bandengan yang ada di desa Bandengan, kecamatan Jepara. Pantai Bandengan ini diketahui ada di pesisir pantai utara Jawa, karena berada tidak jauh dari pusat kota maka tak heran lokasi wisata satu ini biasanya jadi pilihan tujuan saat musim liburan, ditambah lagi dengan karakter bibir pantai yang landai dan ombak yang tenang.

  1. Danau ‘Kelimutu’

Bosan dengan pantai? Mungkin bisa coba berkunjung ke Bukit Ragas, salah satu destinasi wisata yang konon terkenal di media sosial Instagram beberapa waktu lalu. Bukit Ragas menyediakan pemandangan danau yang cantik, kurang lebih seperti Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur, lengkap dengan airnya yang perpaduan warna hijau turqouise dan coklat. Tidak hanya pemandangan danau ala Danau Kelimutu, di sini pengunjung bisa juga menyaksikan pemandangan tebing-tebing dan hutan yang pastinya bisa membuat mata menjadi segar bukan.

  1. Pulau Panjang

Berlokasi tidak jauh dari pantai Kartini, cukup dengan hanya menyebrang selama 30 menit dengan kapal dari pantai Kartini, pantai Bandengan atau pantai Prawean. Pulau Panjang akan menyambut pengunjungnya dengan air laut yang tenang, pasir putih, pantai yang bersih, dan terumbu karang cantik. Disebutkan, pulau satu ini masih banyak terdapat tumbuhan alami dan pepohonan hijau, yang mana jika Anda cukup hoki, ketika menelusuri bagian dalam hutannya maka bisa melihat langsung bunga Bangkai.

  1. Benteng Portugis

Sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak jejak sejarah perjuangan Indonesia, maka tak heran jejak-jejak peninggalan sejarah yang sekarang bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata sejarah ada di sini. Misalnya Benteng Portugis yang ada di kawasan pantai pasir hitam , yang sebetulnya digunakan di awal abad ke-17 untuk menahan Belanda sebagai penjajah kala itu.

Benteng Portugis hadir dengan mitos yang mungkin bisa membuat sebagian orang bergidik ngeri, kabarnya di sekitar benteng yang dibangun di pantai utara Jepara tersebut masyarakat menyakini bahwa diperairan dekat benteng terdapat pusaran air yang merupakan pintu gerbang Keraton Luweng Siluman, yang mana pintu gerbang ini dikatakan dijaga oleh Siluman Bajul Putih yang suka mencari mangsa yakni orang-orang berkulit putih, seperti tampilan para penjajah dulu.

Well, namun sekarang benteng ini tidak semenakutkan seperti dulu, sebab area kawasan di sekitarnya telah dipugar dan berhasil mengundang banyak wisatawan untuk datang ke sana.

  1. Air terjun Jurang Ngaten

Hobi berwisata ekstrim? Maka air terjung Jurang Ngaten rasanya sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Jepara. Seperti halnya air terjun pada umumnya, di sini terhampar pemandangan air mengalir di dinding bukit yang bisa membuat diri tertantang untuk merasakan aliran air langsung di dinding bukit dan melompat dari tebing.

Tempat wisata yang dikatakan belum terlalu banyak diketahui oleh orang banyak ini, juga menyimpan cerita legenda. Konon dikatakan dulu saat zaman wali, ada sepasang kekasih yang menikah dengan tidak mengantongi restu dari orangtua sang wanita. Kemudian sepasang pengantin ini melakukan perjalanan dengan kereta yang ditarik kerbau hingga akhirnya saat menelusuri sungai, pengantin tiba di jurang ini dan kemudian jatuh.

  1. Rumah Hijau

Unik, satu kata untuk lokasi wisata satu ini. Pasalnya, rumah hijau di daerah Desa Tegalsambi, Tahunan ini sejatinya bukanlah tempat wisata loh! Sebab, merupakan sebuah rumah penduduk, yakni Ibu Rosida.

Seperti namanya, rumah hijau hadir dengan tampilan rumah berwarna hijau, yang mana hijau nya ini disebabkan karena seluruh bagian luar rumah tertutupi oleh tanaman merambat berwarna hijau, dan hanya menyisakan pintu serta sedikit bagian jendela yang tak tertutup tanaman. Jika merunut keterangan dari laman akun Instagram, explore.centraljava, ibu Rosida selaku sang pemilik rumah telah mengizinkan tempat ini sebagai salah satu obyek wisata untuk berfoto-foto para wisatawan yang datang. (oz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.