Dibangun 2 Lantai, Pembangunan Puskesmas Sumber Rembang Dianggarkan Rp 6 Miliar

oleh

REMBANG, RAKYATJATENG – Setelah sempat tertunda karena ketersediaan lahan, Pemkab Rembang, Jawa Tengah, akhirnya merealisasikan pengembangan Puskesmas Sumber tahun ini. Pembangunan puskesmas tersebut dianggarkan sebesar Rp 6 miliar dengan model dua lantai.

Peningkatan layanan kesehatan masih menjadi prioritas Pemkab Rembang. Sejak 2016 lebih dari 5 Puskesmas direnovasi. Tahun lalu saja, ada 4 Puskesmas yang direnovasi. Di antaranya Puskesmas Bulu, Puskesmas Pamotan, puskesmas Pancur dan Puskesmas Gunem.

Perbaikan puskesmas masih dilanjutkan pada 2018. Salah satunya Puskesmas Sumber. Rencana pembangunan Puskesmas Sumber sebenarnya sudah ada sejak sekitar setahun yang lalu.

Namun, lahan menjadi kendala dalam pengembangan puskesmas. Karena untuk pengembangan puskesmas, harus ada hibah lahan di sekitar bangunan lama dari pemerintah Desa Sumber ke Pemkab Rembang.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyadari pengembangan Puskesmas Sumber harus segera direalisasikan. Tahun ini, pemkab melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang mengalokasikan anggaran sebesar 6 miliar untuk pengembangan puskesmas tersebut.

Hafidz merencanakan pembangunan Puskesmas Sumber dimulai setelah hari raya Idul Fitri nanti. Namun, dia tidak mengungkapkan pada bulan apa pembangunan puskesmas tersebut dimulai.

Lelang pekerjaan untuk pengembangan Puskesmas Sumber juga belum tayang di Layanan Pengadaan Secara Elektroinik (LPSE). Fasilitas yang dimiliki oleh Puskesmas Sumber nantinya tidak akan jauh berbeda dengan puskesmas-puskesmas lain yang telah dibangun. Rencananya dibangun dua lantai.

”Kalau lihat Sumber itu miris. Saya ingin Sumber itu ramai. \Maka yang pertama dilakukan dengan membangun puskesmas yang besar. Tentunya pelayanan juga akan ditingkatkan,” jelasnya. (JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *