PILGUB JATENG: Debat Kandidat, Paslon Diizinkan Bawa 125 Simpatisan

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menggelar debat terbuka antara pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen dan Sudirman Said-Ida Fauziah. KPU mengizinkan masing-masing pasangan calon membawa rombongan berjumlah 125 orang ke dalam ruang debat.

Debat perdana berlangsung pada pukul 18.30 WIB, Jumat, 20 April 2018. Acara digelar di Hotel Patrajasa, Semarang.

“Tema debat secara umum merujuk pada kontekstualisasi visi dan misi, rencana strategis pembangunan, dan isu-isu aktual di Jawa Tengah,” kata Komisioner KPU Jawa Tengah, Diana Ariyanti.

Dia berujar debat terbuka digelar sampai tiga kali. Selain 20 April, KPU juga akan menggelar debat pada 3 Mei dan 21 Juni 2018. Stasiun televisi I-News dan Trans TV ditunjuk menayangkan debat perdana Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida.

“Kenapa memilih TV nasional karena berdasarkan rapat koordinasi dengan tim kampanye, mereka mengharapkan debat ini diliput televisi nasional. Sehingga kami harus memfasilitasi itu. Televisi lokal masih bisa melakukan liputan,” terang Diana menegaskan.

Adapun Metro TV dan TV One ditunjuk menayangkan debat Ganjar-Yasin pada 3 Mei, sedangkan Kompas TV pada 21 Juni 2018. Menurut Ida, debat kandidat dibagi dalam lima segmen. Perinciannya, pembukaan, pemaparan visi-misi dan program pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, pertanyaan moderator, serta tanya jawab atau debat antarpasangan calon. (mtv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *