Tol Batang-Semarang Beroperasi Satu Jalur Saat Mudik Lebaran

SEMARANG, RAKYATJATENG – Tol Batang-Semarang akan dibuka satu jalur dua jalur pada musim mudik lebaran tahun ini. Hal itu disampaikan Pimpinan Proyek Jalan Tol Batang – Semarang R Beni Dwi Septiadi saat mendampingi Plt Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi meninjau progress konstruksi tol Semarang-Batang, Jumat (13/4) kemarin.

Mereka meninjau seksi V, IV, dan III melalui rute Simpang Susun Krapyak – Kalikangkung – Kaliwungu – Sumbersari – Simpang Susun Weleri sekaligus meninjau jembatan Kalikuto.

Beni menyampaikan, secara keseluruhan konstruksi tol sepanjang 74,20 km itu kini mencapai 74 persen dari lima seksi yang dibangun. Yaitu Seksi I Batang -Tulis (3,20 km), Seksi II Tulis – Weleri (36,35 km), Seksi III Weleri – Kendal (10,75 km), Seksi IV Kendal – Kaliwungu (13,50 km), dan Seksi V Kaliwungu – Semarang (10,40 km).

“Konstruksi secara umum totalnya 74 persen. Namun diusahakan fungsional lebaran nanti nyambung dari Batang hingga Semarang. Tadi kita sudah bersama-sama Bapak Plt Gubernur menyaksikan kesiapan kita menghadapi fungsional saat lebaran,” terangnya.

Beni menambahkan, ketika pemudik melintasi Tol Batang – Semarang secara fungsional, mereka diminta untuk meningkatkan kehati-hatian, khususnya di Seksi IV karena masih banyak pengerjaan fisik.

“Kita usahakan dulu satu jalur dua lajur untuk pulang balik. Yang masih banyak pekerjaan itu ada di seksi IV. Ada makam, masjid dan beberapa rumah yang sudah dalam proses musyawarah, selain konsinyasi,” tambahnya.

Sementara itu Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko meminta PT JSB untuk melengkapi rambu-rambu sementara dan pembatas demi menjamin keselamatan berkendara pemudik. Pihaknya memastikan akan meninjau kembali Tol Batang-Semarang saat ramadan dan jelang lebaran mendatang.

“Kita ingin memastikan bahwa pekerjaan dapat diselesaikan sesuai schedule. Nanti pertengahan Mei dan awal Juni kami akan cek lagi,” pungkas Heru. (sm)