Mata Air Senjoyo, Wisata Air Segar Kabupaten Semarang

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kalau sejenak liburan ke Semarang atau akhir pekan nanti, jangan hanya di kotanya saja ya. Ada destinasi yang bikin segar di Kabupaten Semarang. Namanya Mata Air Senjoyo. Letaknya ada di Jalan Senjoyo IV, Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Mata Air Senjoyo berada di salah satu desa di ujung Kota Salatiga. Hawanya sejuk, airnya bening dan masih terjaga kebersihannya.

Mata Air Senjoyo ini merupakan salah satu sumber mata air PDAM Kota Salatiga. Selain airnya sangat jernih, sepanjang musim juga tak pernah mengering dan di balik itu semua ada hal klenik di sini, yakni ritual kungkum (berendam) semalaman, dengan tujuan mengharap berkah.

Bagi PDAM Kota Salatiga yang berbeda dengan kota-kota lainnya sumber mata air Senjoyo langsung disalurkan ke konsumen karena kejernihannya. Kendati di dekat Kota Salatiga, mata air Senjoyo tetap berada di wilayah Kabupaten Semarang.

Dari pusat Kota Salatiga menuju lokasi hanya memakan waktu sekitar 20 menit. Jalannya relatif mulus dan suasananya adem karena lokasinya banyak didapati pohon-pohon ukuran raksasa.

Di Mata Air Senjoyo pengunjung dapat menjumpai berbagai situs bebatuan berelief peninggalan kuno. Konon di pemandiannya itu digunakan oleh para raja-raja yang memerintah wilayah tersebut.

Selain itu, ada riwayat dari legenda Mas Karebet atau Joko Tingkir yang pernah bertapa kungkum di matai air Senjoyo. Joko Tingkir adalah penguasa Kesultanan Pajang dengan gelar Sultan Hadiwijoyo.

Kini, Mata Air Senjoyo makin dibenahi. Banyak spot-spot menarik yang instagramable di sana yang juga makin menyedot perhatian pengunjung. (dtc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.