Liverpool Lolos ke Semifinal Usai Kalahkan City 2-1

  • Bagikan

MANCHESTER, RAKYATJATENG – Memulai dari posisi tertinggal oleh gol cepat, Liverpool menang 2-1 atas Manchester City. Mereka pun lolos ke semifinal Liga Champions dengan agregat 5-1.

Bertandang ke Etihad Stadium, Rabu (11/4) dinihari WIB, Liverpool sejatinya memulai dengan buruk. City sudah unggul di menit kedua lewat gol Gabriel Jesus, yang bermula dari sebuah kesalahan pertahanan Liverpool.

City lantas mendominasi dan nyaman menciptakan peluang-peluang. City bahkan sempat mencetak gol kedua lewat Leroy Sane, tapi dianulir karena offside. Padahal bola yang diterimanya berasal dari James Milner, bukan operan rekan setim.

Liverpool baru menyengat di babak kedua. Gol Mohamed Salah di menit ke-56 menyamakan kedudukan untuk Liverpool, sekaligus memberikan pukulan mental untuk City.

Gol Roberto Firmino di menit ke-77 memberikan sinyal game over untuk City. Liverpool pun lolos ke semifinal dengan agregat telak 5-1.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit berjalan, City mencetak gol. Virgil van Dijk melakukan kesalahan saat hendak membuang bola, sehingga dikuasai City di tengah.

Fernandinho mengoper ke Sterling yang berlari bebas di sisi kanan. Dia lantas mengoper ke Gabriel Jesus di tengah, yang menuntaskan dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang.

Liverpool terus ditekan oleh tuan rumah. Sebuah tusukan Sane di kiri diakhiri dengan umpan silang ke mulut gawang, yang gagal ditepis dengan sempurna oleh Loris Karius. Beruntung bagi Karius, tak ada pemain City yang menunggu di tiang jauh.

Percobaan lain dari City di menit ke-27. Umpan tarik Bernardo Silva disambar De Bruyne dari luar kotak penalti. Masih terlalu mudah untuk Karius, sehingga bola ditangkap saja.

Bernardo mendapatkan bola liar di sisi kanan di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan. Bola membentur tangan Jordan Henderson, namun wasit tak meniup peluit. Bernardo protes dan diacungi kartu kuning saat laga memasuki menit ke-30 tersebut.

Sebuah serangan balik yang rapi dari Liverpool mengantarkan mereka ke peluang bersih pertama di menit ke-41. Sepakan Alex-Oxlade Chamberlain masih bisa diantisipasi oleh Ederson Moraes.

Tapi tak lama berselang, City merespons dengan nyaris mencetak gol. Tembakan keras Bernardo dari sisi kanan menghantam tiang gawang dan kembali arena permainan.

Semenit kemudian, Sane mencetak gol dalam sebuah situasi kemelut. Tapi wasit menganulirnya, dengan hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Tayangan ulang menunjukkan Sane dalam posisi sejajar dengan pemain Liverpool.

Di menit terakhir babak pertama, Liverpool menciptakan ancaman. Chamberlain melakukan kerja sama satu-dua dengan Salah, diakhiri dengan sebuah tendangan dari sudut sempit setelah melewati Ederson. Tapi upaya Chamberlain cuma melambung. Babak pertama berakhir dengan keunggulan City 1-0 atas Liverpool.

Di menit ke-57, Liverpool menyamakan kedudukan dari sebuah serangan cepat. Umpan terobosan Wijnaldum diteruskan Salah ke Mane di sisi kanan. Mane merangsek melewati dua pemain, tapi bola dipotong Ederson.

Saat itulah Salah datang dari belakang dan menguasai bola, lalu mencungkilnya melewati Nicolas Otamendi yang berusaha memblok. Skor kini 1-1.

City terus berupaya mengurung Liverpool. Percobaan dalam jarak berdekatan dari De Bruyne dan Aymeric Laporte belum menemui sasaran setelah diblok pertahanan Liverpool.

Alih-alih mencetak gol, City malah kembali kebobolan dua menit berselang. Otamendi melakukan kesalahan, kehilangan bola di pertahanan sendiri. Bola direbut Firmino yang lantas menaklukkan Ederson dengan tenang.

Sampai laga berakhir tak ada lagi gol tercipta. Liverpool mengunci kemenangan dan tiket semifinal. (dtc)

  • Bagikan