BNN Cilacap: Sudah Darurat, Penyebaran Narkoba Hampir ke Semua Lapisan Masyarakat

oleh

CILACAP, RAKYATJATENG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap memberikan edukasi tentang dampak narkoba pada masyarakat di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Kodim 0703/Cilacap, Selasa (10/4).

Dalam penyuluhannya, Guntur Widyo Sasono SH M.M dari BNN Kabupaten Cilacap mengatakan, kegiatan sangat penting karena bagian dari pencegahan. Hal itu karena peredaran obat berbahaya tersebut kini sudah darurat, penyebarannya sudah hampir kesemua lapisan masyarakat.

“Pasalnya korban rata-rata terjebak karena faktor ekonomi dengan iming-iming imbalan yang menjanjikan, mereka rela menjadi perantara. Lama-lama mereka pun mencoba-coba yang kemudian menjadi pecandu narkoba. Ratusan orang meninggal dunia, karena kecanduan narkoba maupun obat-obatan terlarang,” katanya.

Menurutnya, untuk dapat sembuh dari ketergantungan narkoba sangat tergantung dari keingianan yang kuat dari pecandu atau korban penyalahguna narkoba itu sendiri dan dukungan keluarga. Dan yang utama adalah pertebal iman dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan banyak dan rajin beribadah.

Untuk penindakan terhadap pengedar narkoba, pihak keamanan TNI-Polri bahkan Presiden RI pun sudah menyatakan darurat narkoba dan perangi terhadap narkoba.

“Siapapun yang terlibat, baik bandar, perantara, pengedar maupun pengguna harus diberantas dan dihukum berat,” ujarnya.

Danramil 13/Majenang Kapten Ctp Rudi Dwianto yang juga sebagai Komandan SST TMMD menambahkan, semua termasuk dalam TMMD ini harus turut serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahayanya mengkonsumsi narkoba.

Apalagi saat ini peredaran obat-obat terlarang begitu massive dan sudah merambah ke pelosok-pelosok desa. “Mari jauhi narkoba, mari bangun desa kita bersih dari narkoba, karena narkoba musuh negara,” ajak Danramil yang disambut gembira warga.

Sementara itu salah satu warga bernama Jajang, yang sedari awal mengikuti penyuluhan mengungkapkan, bahwa narkotika itu lebih banyak mudaratnya dari pada manfaatnya. Ia berharap, warga Desa Pengadegan memahaminya dan tidak kesandung masalah narkoba.

“Kepada pihak BNN Kabupaten Cilacap dan Satgas TMMD Kodim 0703/Cilacap, kami sangat berterimakasih atas penyuluhan anti narkoba ini,” ungkap Jajang. (sen/yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *