Yuk Wisata ke Arga Pesona Pati, Puncak Tertinggi Pegunungan Kendeng

PATI, RAKYATJATENG – Kabupaten Pati, Jawa Tengah, memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah puncak tertinggi Pegunungan Kendeng, yang diberi nama Arga Pesona.

Wisata Arga Pesona berlokasi di Desa Beketel, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, terletak di tengah-tengah perbatasan atau tepat di titik 0 kilometer batas wilayah Pati dengan Grobogan.

“Tempat wisata yang diberi nama Arga Pesona ini biasa digunakan pengunjung untuk melepas segala kepenatan dan kesibukan”, tutur Suyatno, perangkat Desa Beketel.

Lewat gardu pandang yang ada, wisatawan dapat melihat keindahan alam yang asri, asli dan indah. Menariknya, dari ketinggian tersebut akan nampak pula pemandangan di lima wilayah kabupaten yang meliputi Blora, Rembang, Pati, Kudus dan Grobogan.

Di samping menawarkan keindahan alam, Arga Pesona juga mempunyai tempat wisata religi yaitu sumur atau belik yang terletak tepat di puncak ketinggian. Sumur tersebut merupakan peninggalan Syeh Jangkung atau yang dikenal pula dengan sebutan Saridin.

Tokoh ini dikenal sebagai waliyulloh yang mempunyai banyak karomah dan berjasa besar dalam merintis penyebaran Agama Islam di zamannya.

Pada 16 Mei 2017, dengan memanfaatkan lahanĀ  Perhutani Purwodadi dan lahan milik peroranganĀ  yang tidak pernah ditanami, lokasi wisata tersebut dirintis dan digagas oleh Suyatno selaku Perangkat Desa Beketel bersama sekelompok paguyuban masyarakat Pecinta Hutan Lestari dan didukung pula oleh Karang Taruna setempat.

“Dengan semangat gotong-royong serta dengan biaya swadaya masyarakat sendiri akhirnya terwujudlah rintisan objek wisata alam dan Arga Pesona,” jelas Suyanto. (hms)