Gelar Lomba Masak, Walikota Semarang Kampanye “Gemar Makan Ikan”

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Jarangnya kebiasaan masyarakat bersantap olahan ikan mungkin terdengar sepele, tapi tidak bagi Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Baginya, olahan ikan penting untuk rutin disantap karena memiliki kandungan gizi dan protein yang luar biasa.

Dengan tingginya kandungan gizi dan protein tersebutlah, Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi itu percaya dapat membentuk masyarakat yang lebih sehat. Apalagi dengan harganya yang lebih terjangkau, dibandingkan daging sapi.

Untuk itulah, Walikota Hendi merasa perlu untuk mengkampanyekan ‘Gemar Makan Ikan’ agar masyarakat Kota Semarang dapat lebih ramah dalam mengkonsumsi ikan, dibanding ayam dan sapi.

Pesan kampanye ‘Gemar Makan Ikan’ tersebut diwujudkan dalam Lomba Masak Ikan yang digelar dalam rangka rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang ke-471 di Hall Balaikota, Selasa (10/4).

“Salah satu program Pemerintah untuk mendorong masyarakat supaya gemar makan ikan. Terlebih ikan juga mempunyai banyak manfaat untuk menjadi lebih sehat, terutama bagi orang yang terkena sakit jantung, kolesterol dan diabetes,” katanya.

“Sehingga dengan lomba masak ikan ini warga masyarakat akan lebih terpatri di dalam hatinya dan kemudian akan sering makan ikan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Walikota Hendi mengatakan jika kampanye ‘Gemar Makan Ikan’ ini berhasil, maka dapat berdampak positif terhadap permasalahan gizi masyrarakat.

“Berita-berita akhir-akhir ini menyebutkan anak kekurangan gizi, padahal Indonesia khususnya se Kota Semarang kaya dengan sumber daya alam yang melimpah mulai laut dengan ikannya,” tandas pria yang juga merupakan politisi PDI Perjuangan tersebut.

“Ini karena tidak semuanya mengenal kandungan gizi ikan, maka kita perlu bergerak bersama untuk mengkampanyekan makan ikan, dengan tujuan masyrakat menggeser pola konsumsinya ke ikan,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Penyelenggara Lomba I Made Gusti Agung menambahkan, selain lomba masak ikan dalam kesempatan ini juga diadakan beberapa kegiatan acara kampanye Gemarikan, bakti sosial berupa pembagian Ikan gratis sebanyak 250 bungkus yang dibagikan masyarakat sekitar Balaikota dan bazar produk olahan hasil perikanan hasil binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Semarang.

“Adapun tema ikan yang dipilih tahun ini adalah Ikan Lele yang di sajikan dalam bentuk variasi makanan bebas. Peserta berasal dari TP PKK 16 Kecamatan se-Kota Semarang, di mana masing-masing peserta di wakili oleh 2 orang peserta,” imbuhnya.

Pada lomba tersebut pemenang lomba di pilih 5 kategori, yakni juara I, juara II dan Juara III, di tambah dengan berbakat I dan berbakat II.

Adapun juara I dimenangkan oleh TP PKK Kecamatan Semarang Utara, disusul dengan juara II dan III dari TP PKK Kecamatan Candisari dan TP PKK Kecamatan Ngaliyan.

Sedangkan juara berbakat I diberikan kepada TP PKK Kecamatan Tugu, sementara berbakat II diberikan kepada TP PKK Kecamatan Banyumanik. (sen/yon)

  • Bagikan