Inilah Tips dari Ganjar untuk Melawan Hoax

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak warga masyarakat untuk melawan hoax. Dia pun sempat memberikan tips cara melawan hoax.

“Kalau semua orang percaya hoax dan tidak klarifikasi, tidak ada tabayun bisa berefek negatif. Kalau negatif, nanti akan bisa membelah masyarakat yang ada,” kata Ganjar usai menghadiri Deklarasi Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Gus Yasin tingkat Kabupaten Semarang di Rumah Makan Bintangan, Bawen, Minggu (8/4).

Upaya melawan hoax yang dapat dilakukan jika hal tersebut ada di media sosial, lanjut Ganjar, bisa dijelaskan secara benar. Termasuk pula disebutkan bukti-bukti maupun tokoh-tokoh yang mampu menjelaskan.

“Gampang itu, kalau itu masuk di media sosial dijelaskan apa yang benar. Kasih bukti-bukti. Kalau itu, sebuah pernyataan yang membutuhkan suatu ilmu yang sumbernya, yang pakarnya, bisa tokoh agama, kampus atau data,” tuturnya.

Pihaknya mengajak warga yang aktif di media sosial tidak justru memancing perdebatan panas jika menemui hoax. Namun dia berharap agar warga yang mengetahui kebenaran bisa menjadi penjelasan dengan baik.

“Teman-teman yang aktif di media sosial dan mereka mengerti ojo (jangan) dikompori, jawab dengan baik. Kalau itu, masih ngeyel, ya ke penegak hukum,” ujar dia. (dtc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *