Pertumbuhan Ekonomi Tinggi, Zurich Buka Cabang di Semarang

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG.com – Salah satu perusahaan asuransi jiwa, Zurich, membuka kantor cabang di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pembukaan cabang salah satunya difokuskan untuk menggaet nasabah dari kalangan generasi millenial.

Chief Strategy and Operating Officer Zurich Topas Life, Sutikno Sjarif mengatakan, Zurich berani membuka cabang ketiganya karena melihat prospek ibu kota Jawa Tengah itu yang begitu menjanjikan.

Menurut sebuah penelitian dari Boston Consulting Group (BCG) di tahun 2013, menyebut konsumen di Semarang akan mencapai 1 juta jiwa di tahun 2020 mendatang.

“Laju pertumbuhan ekonomi Kota Semarang tahun 2017 sebesar 5,8 persen dibanding Jateng sebesar 5,28 persen,” ujar Sutikno, di sela launching kantor cabang di wilayah Semarang Timur, Selasa (27/3).

Pertumbuhan yang tinggi itulah yang membuat Zurich memutuskan melakukan ekspansi bisnis. Apalagi, nasabah di Semarang dinilai mempunyai minat cukup tinggi terhadap proteksi dengan nilai investasi.

Sejauh ini, dari dua kantor cabang yang dibuka, ada lebih 1.000 nasabah yang bergabung pada 2017 lalu. Nasabah di Semarang berkontribusi 6 persen terhadap total premi Zurich secara nasional.

Hingga Februari 2018, total pendapatan premi dari nasabah di Semarang tercatat Rp 2,54 Miliar. Para nasabah itu berasal dari karyawan, pengusaha dan keluarga.

Selain itu, Zurich juga mencatat partisipasi anak muda yang begitu tinggi. Hampir separuh nasabah merupakan generasi millenial. Mereka sejak muda telah memikirkan masa depannya kelak.

Chief Agency Officer Zurich Topas Life Budi Darmawan menargetkan anak muda dapat menjadi nasabah atau menjadi tenaga pemasar.

“Populasi anak muda di Indonesia kami sasar jadi nasabah atau tenaga pemasar. Saat ini, hampir 50 persen nasabah kaum millenial. Menurut kami itu baik, karena sejak muda sudah memikirkan masa depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, Zurich menargetkan untuk dapat melayani premi baru kaum millenial yang baru bekerja. Namun secara umum, market yang dibidik di semua sektor.

“Di Semarang market kita hampir semua orang, tapi mayoritas karyawan dan PNS. Tapi, market orang yang mulai kerja sudah mulai awarnes pada asuransi,” tambahnya.

Ke depan, Zurich bakal merencanakan membuka di seluruh kabupaten/kota di Jateng. Sejauh ini, di Jawa Tengah, baru memiliki tujuh cabang yang tersebar di Semarang, Purwokerto, dan Purworejo. (kcm)

  • Bagikan