Jateng Akan Miliki 2 Kebun Raya, di Baturaden dan Tlogo Tuntang

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kebun Raya akan dibangun lagi di Jawa Tengah. Ya, setelah di Baturaeden, Kabupaten Banyumas, Pemerintah Provinsi Jateng akan membangunnya lagi di Tlogo Resort Tuntang, Kabupaten Semarang.

“Gagasan itu (Kebun Raya) inspirasi pak Heru (Plt Gubernur Jawa Tengah), saat ditimbali (diundang) pak Presiden Jokowi di Kebun Raya Bogor beberapa waktu lalu,” kata Sekretaris Daerah Jateng, Sri Puryono, Kamis (22/3) sore.

Menurut Sri, Jawa Tengah hanya memiliki satu kebun raya, yaitu Baturaden di Kabupaten Banyumas.

Dia menjelaskan pembangunan kebun raya Baturaden semasa era pemerintahan presiden Megawati, atau sekitar tahun 2001.

“Kalau ini (pembangunan Kebun Raya Tlogo) jadi, maka Jateng punya dua kebun raya,” ujar Sri.

Dia membeberkan kebun raya Tlogo nantinya akan diisi berbagai jenis koleksi flora. Utamanya sebagai ekowisata.

Sri berharap rencana pembangunan itu terealisasi. Nantinya, ekowisata itu dapat meningkatkan mutu pendidikan dalam hal penelitian, sekaligus pariwisata.

Pemilihan lokasi Tlogo Resort pun sudah dipertimbangkan Sri. Menurut dia, luas lahan di Tlogo Resort paling sesuai dan strategis. Salah satunya adalah dekat dengan pintu keluar tol Semarang-Bawen.

Sri menyebut luasan lahan Tlogo Resort juga memadai, sekitar 400 hektare.

“Kebun Raya Baturraden hanya 112 hektare, Kebun Raya Bogor hanya sekitar 57 hektare. Itu saja sudah luar biasa. Yang akan digunakan nanti tidak keseluruhan luasan lahan Tlogo,” jelas dia.

Dia menuturkan pihak pemprov sedang membentuk tim pengkaji yang melibatkan sejumlah pakar perguruan tinggi. Hasil kajian masih menunggu.

Sri mengungkapkan pembangunan kebun raya berbeda konsep dengan rencana pembangunan Jateng Park.

“Jateng Park tetap lanjut. Dulu terhambat karena belum ada investor. Sekarang sudah dapat investornya, yaitu Ibu Fatimah Kalla,” imbuh dia.

“Beliau sudah setuju. Tinggal revisi masterplan dan groundbreaking (peletakan batu pertama) saja. Semoga 2018 ini atau satu tahun bisa terlaksana,” katanya. (tj)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.