Alfamart Latih Daur Ulang Sampah Jadi Produk Bernilai Ekonomis

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Toko Modern Alfamart menggelar workshop pelatihan pengelolaan sampah menjadi produk bernilai ekonomis, di Allstay Hotel Semarang, Kamis (22/3).

Workshop yang diikuti puluhan peserta dari komunitas Blogger Perempuan di Semarang ini, mendapat pengetahuan dan pelatihan keterampilan cara mengolah sampah kotak susu bekas yang dapat didaur ulang menjadi dompet koin.

Mentor dalam pelatihan daur ulang dari kemasan sampah ini adalah Yuniar Alfa Artha, dari Laquinna Creative Handmade.

Menurut Yuniar, jika jeli melihat peluang, sampah bekas kotak minuman susu pun dapat disulap dan difungsikan kembali menjadi barang kerajinan yang bermanfaat.

“Bekas kotak minuman susu yang sudah tidak difungsikan biasanya dibuang begitu saja. Manfaatkan sampah rumah tangga, selain bisa menjadikan lingkungan lebih bersih, juga mengurangi volume sampah. Apalagi jika didaur ulang maka akan jadi barang bernilai ekonomis,” katanya.

Founder Titik Tengah Partnership, Nia Nurdiansyah mengungkapkan, program ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan para perempuan blogger di Semarang bersama Alfamart.

“Semoga bisa menginspirasi banyak orang dan lingkungan bisa lebih sehat dengan memanfaatkan barang bekas menjadi barang serba guna seperti ini,” ungkapnya.

Selain kegiatan ini, kata dia, para perempuan blogger di Semarang juga akan menggelar program lain yang dinilai bermanfaat bagi masyarakat.

“Pada bulan April nanti, rencananya kita menggandeng sesama blogger dan komunitas lari untuk mengenal tentang makanan sehat,” ujarnya.

Sementara Area Manager Alfamart Semarang, Heru Supriyanto menuturkan, kampanye pengurangan sampah rumah tangga dan workshop pengelolaan sampah ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi yang baik antara Alfamart dengan komunitas perempuan blogger di Semarang.

Menurutnya, ini sekaligus kampanye untuk mengajak masyarakat memelihara lingkungan serta memiliki kemampuan mengolah sampah dan barang bekas menjadi barang bernilai ekonomis.

“Kegiatan daur ulang sampah ini juga merupakan upaya Alfamart untuk menumbuhkembangkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui pengembangan kemampuan keterampilan bagi masyarakat,” tuturnya. (sen/yon)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.