Ingin Masakan Khas Makassar di Kota Semarang? Yuk ke Resto Daeng Baba

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Mau menikmati masakan khas Kota Daeng Makassar, Sulsel, di Kota Semarang? Datang saja di Resto Daeng Baba yang terletak di Jalan Veteran, Lempongsari, Gajahmungkur dan di Jalan Brigjen Katamso, Semarang. Resto ini menyediakan khusus masakan khas Kota Makassar.

Banyak masakan yang disajikan, mulai dari Coto Makassar, Sop Konro, pisang ijo, dan lainnya. Selain itu, para tamu akan disambut dengan pelayanan yang ramah dengan suasana resto yang bersih dan nyaman.

Sulfitri, Supervisor resto, menjelaskan Sop Konro dibuat menggunakan bumbu rempah yang terdiri dari keluwak, jintan, kemiri, kunyit, serai, pala, dan lengkuas.

“Yang membuat kuah sopnya gelap yakni keluwak, semakin gelap semakin enak. Memang hampir sama dengan rawon, tetapi ada beberapa bumbu yang beda. Rasa Sop Konro juga lebih gurih dan khas, karena menggunakan sari kacang tanah,” tutur Fitri.

Cara resto ini memasak Sop Konro yakni, menumis seluruh rempah dan bumbu termasuk merica, bawang merah, bawang putih, dan daun salam.

Setelah aroma tumisan muncul, karyawan dapur resto Daeng Baba mencampurnya ke dalam rebusan daging iga.

Rebus hingga daging yang menempel pada tulang empuk, kemudian baru disajikan dengan ketupat. Tak lupa ditaburi dengan irisan daun bawang dan bawang putih goreng.

“Bagi pecinta kuliner sekaligus pengidap kolesterol tinggi, tak perlu ragu untuk menyantap Sop Konro. Karena makanan tidak menggunakan jeroan sapi, jadi lebih aman disantap, serta bebas dari lemak yang berlebih,” ucap wanita asli Makassar ini.

Sepiring Sop Konro lengkap dengan ketupat atau nasi ini, dihargai Rp 35 ribu.

Selain makanan tersebut, resto ini juga memiliki menu lain yang kerap dipesan pelanggannya. Di antaranya ada Coto Makassar, Sop Saudara, Mie Kering Kriuk, dan Ikan Pallumara.

Sedangkan menu minuman ada es pisang ijo, es pallu butung, es soya cincau, dan lainnya. Kata Fitri, harga menu di resto Daeng Baba berkisar antara Rp 4 ribu – 35 ribu.

“Kami juga melayani acara ulang tahun dan katering dengan harga khusus. Untuk jam buka kami mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB,” imbuhnya. (tj/yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.