Luncurkan “Si Bejo”, Kapolda Jateng: Pengurusan BPKB Kendaraan Makin Cepat Secara Online

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Saat ini pengurusan Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) kendarraan bermotor semakin cepat dengan sistem online. Kepolisian Daerah Jawa Tengah telah resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi BPKB Jateng Online atau yang disingkat “Si Bejo”.

Peluncuran aplikasi berbasis smartphone itu bertempat di jalan Pahlawan Semarang, hari ini, Minggu (11/3), sekitar pukul 08.00 wib. Peluncuran ini dipimpin langsung Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono dan disaksikan langsung Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Jateng, Indra Sudrajat.

Kapolda kepada wartawan seusai peluncuran mengungkapkan, selama ini BPKB kendaraan bermotor yang dilayani sering terhambat karena faktor dari pusat sering terlambat. Dengan online ini, dari dealer bisa mengirim fakturnya dan mengakses kebenarannya ke polres-polres setempat.

Dengan diluncurkan aplikasi Si Bejo akan memudahkan masyarakat Jawa Tengah dalam pengurusan BPKB. “Tahun lalu kami sudah meluncurkan aplikasi khusus STNK, ‘Sakpole’, dan sekarang aplikasi Si Bejo ini untuk pengurusan BPKB,” katanya.

Selanjutnya, untuk cek fisik. Biasanya, kalau kendaraannya di luar daerah, maka cek fisiknya harus kembali ke daerah asal. Namun dengan cek fisik online ini bisa discane dan dilayani di daerah mana pun juga dan ini mempercepat. “Dengan ini sudah tidak ada lagi pengurusan BPKB lama,” katanya.

“Misalnya, apabila mau mutasi ataupun cek fisik kendaraan, tak perlu datang namun cukup di upload secara online,” ujar Condro.

Aplikasi ini selain bisa di unduh di play store untuk smartphone sistem android, Si Bejo juga bisa di buka lewat website www.bpkb-jateng.net. (sen/yon)



One thought on “Luncurkan “Si Bejo”, Kapolda Jateng: Pengurusan BPKB Kendaraan Makin Cepat Secara Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.