Inilah Tanda-tanda Anak Cerdas

oleh

RAKYATJATENG – Kalau melihat anak lain begitu cerdas saya sering berbicara di dalam hati, “Seandainya anakku juga cerdas seperti anak itu,”. Bunda juga pernah melakukan hal sama kayak saya?

Kadang secara nggak sadar kita sering membandingkan anak dan merasa anak ‘kurang’ ya, Bun. Eh tapi tahu nggak, Bun, setiap anak itu istimewa lho. Kita nggak usah membandingkan anak kita dengan anak lain ya karena akan bijak banget kalau orang tua mendidik dan mengasuh anak-anak sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

Karena, cara tersebut diyakini bisa membantu orang tua membesarkan anak yang cerdas secara mental maupun emosional. Nah, kalau ngomongin anak cerdas, sebenarnya kayak apa sih tanda-tandanya?

Ada berbagai parameter yang bisa digunakan untuk mengukur kecerdasan anak-anak, Bun. Dan parameter kecerdasan nggak selalu berhubungan dengan pendidikan. Bunda bisa mengamati beberapa tanda ini yang dihubungkan dengan anak-anak yang dianggap memiliki kemampuan di atas rata-rata seperti dilansir Standarmedia berikut ini:

  1. Anak Gemar Membaca

Anak-anak yang punya kemampuan di atas rata-rata biasanya lebih cepat dalam belajar membaca dan menulis. Dan begitu anak bisa melakukannya, anak jadi suka membaca sehingga semakin banyak pengetahuan yang mereka dapat, Bun.

  1. Punya Daya Ingat Kuat

Anak cerdas biasanya memiliki ingatan yang baik. Ia tidak mudah melupakan apa yang mereka pelajari. Bahkan mereka bisa tetap mengingat apa yang mereka lihat meski sudah beberapa waktu lalu. Mereka mampu mengingat sebanyak mungkin informasi dan ini membuat mereka cukup cerdas.

  1. Punya Hobi

Kemampuan si kecil yang di atas rata-rata biasanya membuat dia cenderung nggak hanya tertarik pada hal-hal akademis, tetapi juga berminat pada hobi manapun yang mereka sukai atau menarik buatnya. Ketika anak punya hobi yuk fasilitasi mereka, Bun, supaya mereka belajar dan membantu perkembangan otaknya.

  1. Perasaannya Lebih Sensitif

Anak yang cerdas sering menunjukkan emosi yang lebih cepat daripada anak lain. Mereka cenderung sensitif, Bun. Jadi jangan kesal dulu kalau menghadapi anak-anak yang sedikit-sedikit emosi ya, he-he-he.

Selain itu, anak cerdas juga cenderung memiliki banyak energi karena mereka bergerak, berbicara, dan sering menanyakan sesuatu. Mereka berpikir dan berbicara dengan cepat juga lebih banyak berhubungan dengan anak yang usianya lebih tua.

  1. Nggak Mudah Tidur

Anak nggak gampang ketika disuruh tidur? Salah satu alasannya adalah karena ia memiliki pikiran yang sangat aktif, Bun. Hal ini membuat anak sulit menjaga ketenangan pikirannya sehingga mereka cenderung tetap terjaga. Rencanakan jadwal tidur yang tepat dan biarkan anak mengikutinya tanpa memaksa ya, Bun, karena itu justru bakal bikin mereka rewel.

  1. Anak Selalu Penasaran

Rasa ingin tahu anak hingga sering bertanya ini itu bisa jadi bikin kita capek nih, Bun. Tapi sebenarnya ini hal yang baik bagi anak yang sedang tumbuh dan berkembang karena itu membantu mereka belajar. Gunakan kesempatan ini untuk mengajari mereka segala hal yuk, Bun.

Anak yang cerdas dipengaruhi lingkungan, termasuk pola asuh yang mendukung anak untuk selalu berpikir dan bertindak cerdas. Jadi nggak hanya asupan makanan anak aja yang perlu kita perhatikan tapi juga aspek stimulasi dan kasih sayang untuknya demi perkembangan mental dan fisik yang baik.

Dr Thomas Armstrong, PhD, pakar pendidikan anak dari Amerika Serikat mengatakan orang hebat di dunia memang dilahirkan di keluarga yang memiliki riwayat kecerdasan tinggi.

“Tapi genetik bukan segala-galanya. Jika seseorang dilahirkan dengan otak jenius namun tidak mendapat stimulasi dan rangsangan yang diperlukan, maka otak tidak akan berkembang dan anak tidak akan menjadi apa-apa,” katanya.

Hal senada disampaikan dr Endang D Lestari, SpA(K), MPH, pakar nutrisi anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Selain stimulasi dan rangsangan, hal penting lainnya yang harus diberikan orang tua kepada anak adalah nutrisi yang cukup dan seimbang.

“Kecukupan nutrisi sangat penting untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Pola makan seimbang dengan cukup karbohidrat, protein, dan zat nutrisi lainnya harus terpenuhi agar anak tumbuh pintar,” kata dr Endang. (dtc)

24 thoughts on “Inilah Tanda-tanda Anak Cerdas

  1. I simply want to mention I am just all new to blogging and truly enjoyed this page. Most likely I’m likely to bookmark your blog . You actually have good stories. Thanks a bunch for revealing your web site.

  2. The core of your writing while sounding reasonable originally, did not settle well with me after some time. Someplace throughout the paragraphs you were able to make me a believer unfortunately just for a very short while. I however have got a problem with your leaps in assumptions and you would do well to fill in all those breaks. If you actually can accomplish that, I will certainly end up being fascinated.

  3. I have seen many useful issues on your internet site about computers. However, I’ve the view that laptop computers are still not nearly powerful enough to be a good option if you often do projects that require a lot of power, like video editing and enhancing. But for world wide web surfing, word processing, and majority of other popular computer work they are all right, provided you cannot mind the screen size. Many thanks sharing your thinking.

  4. Hello, you used to write wonderful, but the last few posts have been kinda boring… I miss your tremendous writings. Past several posts are just a bit out of track! come on!

  5. I have been exploring for a little bit for any high quality articles or weblog posts on this kind of space . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i¡¦m glad to express that I have an incredibly just right uncanny feeling I discovered exactly what I needed. I so much surely will make sure to don¡¦t fail to remember this site and give it a glance regularly.

  6. hi!,I love your writing so a lot! share we keep in touch extra about your post on AOL? I require a specialist on this house to solve my problem. Maybe that is you! Having a look ahead to look you.

  7. I have been browsing online more than 3 hours lately, but I by no means discovered any attention-grabbing article like yours. It is lovely price enough for me. Personally, if all web owners and bloggers made just right content as you did, the net will probably be much more helpful than ever before.

  8. I have learn some good stuff here. Definitely value bookmarking for revisiting. I wonder how a lot effort you set to create this sort of great informative website.

  9. Hi there, I discovered your site via Google whilst looking for a related matter, your site came up, it looks great. I have bookmarked it in my google bookmarks.

  10. Greetings from Carolina! I’m bored to death at work so I decided to check out your site on my iphone during lunch break. I really like the knowledge you provide here and can’t wait to take a look when I get home. I’m shocked at how quick your blog loaded on my phone .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, wonderful site!

  11. I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and was wondering what all is needed to get setup? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny? I’m not very internet smart so I’m not 100% positive. Any suggestions or advice would be greatly appreciated. Many thanks

  12. Good post and straight to the point. I don’t know if this is really the best place to ask but do you people have any ideea where to employ some professional writers? Thanks 🙂

  13. you’re in point of fact a good webmaster. The web site loading speed is amazing. It seems that you are doing any distinctive trick. In addition, The contents are masterpiece. you’ve done a great task in this matter!

  14. Hi there this is kind of of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding know-how so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

  15. It is actually a nice and helpful piece of info. I¡¦m glad that you shared this helpful info with us. Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

  16. It’s a shame you don’t have a donate button! I’d certainly donate to this excellent blog! I suppose for now i’ll settle for book-marking and adding your RSS feed to my Google account. I look forward to brand new updates and will share this website with my Facebook group. Chat soon!

  17. Good web site! I really love how it is simple on my eyes and the data are well written. I am wondering how I might be notified whenever a new post has been made. I’ve subscribed to your RSS which must do the trick! Have a great day!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.