Kalahkan Arema FC 3-2, Sriwijaya FC Juarai Piala Gubernur Kaltim 2018

oleh

RAKYATJATENG, SAMARINDA – Sriwijaya FC (SFC) keluar sebagai juara Piala Gubernur Piala Kaltim (PGK) 2018 usai menundukkan Arema FC di Stadion Palaran, Samarinda pada Minggu (4/3/2018) malam WIB. Laskar Wong Kito –julukan SFC- sukses memenangi laga dengan skor akhir 3-2.

Gol pertama milik Sriwijaya lahir melalui aksi Novan Setya Sasongko pada menit ke-10. Sedangkan gol kedua berhasil dicetak Alebrto Goncalves Da Costa (Beto) pada menit 44 disusul gol Hamka Hamzah pada menit ke-49. Sementara dua gol balasan Arema lahir pada menit 23 melalui tendangan bebas yang berkelas dari pemain asingnya, Balsa Bozovic dan Thiago Furtuoso pada menit 80.

Jalannya Pertandingan

Sejak laga dimulai, SFC mencoba untuk memulai inisiatif serangan dengan menusuk ke pertahanan Arema. Terbukti pada menit 10, laga sudah membuahkan satu gol yang berhasil dibuat oleh pemain SFC. Adalah Novan yang mencetak gol indah melalui sepakan kerasnya dari sisi kiri luar kotak penalti.

Satu menit berselang, SFC nyaris menggadakan keunggulan melalui Beto. Sayang sepakan kerasnya masih tipis di samping gawang Arema. Meski sering SFC tampil dominan, tetapi laga berlangsung seru, karena Arema FC pun sesekali berusaha membalas.

Hingga akhirnya pada menit 23, Singo Edan –julukan Arema- sukses melakukan gol balasan melalui Bozovic. Sepakan kaki kirinya melalui tendangan bebas membuahkan hasil dengan membuat keadaan imbang menjadi 1-1.

Skor imbang semakin membuat laga berlangsung dramatis. Sriwijaya nyaris membuat keunggulan melalui tendangan bebas Adam Alis. Namun, tendangannya masih menyamping ke pinggir gawang Arema FC.

Laga imbang nyaris menutup babak pertama. Tetapi SFC berhasil membuat keunggulan. Kali ini giliran Beto yang mencetak gol kedua untuk SFC. Gol indahnya melalui sentuhan satu kaki membuat laga berubah menjadi 2-1.

Skor keunggulan ini tidak berubah ketika peluit panjang babak pertama dibunyikan. Laskar Wong Kito –julukan SFC- tinggal selangkah lagi merebut gelar juara PGK 2018 yang akan dipertaruhkan di jalannya pertandingan babak kedua.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, SFC masih terus gencar melancarkan serangan. Tetapi Arema pun tak berhenti untuk melakukan serangan balik. Laga masih terus berjalan dengan sangat seru sejak laga awal babak kedua dimulai.

Tetapi keberuntungan kali ini berpihak kepada Laskar Wong Kito. Sang kapten, Hamka berhasil mencetak gol ketiga bagi SFC untuk memperlebar keunggulan. Berawal dari tendangan sudut, mantan pemain Persija itu sukses menggentarkan gawang Arema melalui sundulannya. Skor berubah menjadi 3-1.

Laga kembali berjalan seru, meski Arema mengalami ketertinggalan. Skuad Joko Susilo tak hentinya untuk bisa memperkecil ketertinggalan. Namun pada menit 69, Manuchekhr Dzhalilov nyaris menambah keunggulan SFC jika tendangan kerasnya tidak membentur tiang gawang. Skor pun masih tetap 3-1.

Tetapi pada menit 79, harapan kembali datang untuk Arema. Hamka melakukan pelanggaran kepada pemain Arema di kotak penalti SFC. Hadiah penalti diberikan kepada Singo Edan. Thiago Furtuoso yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik. Skor berubah menjadi 3-2.

Lagi-lagi kembali berlangsung dramatis. Arema semakin gencar menerobos pertahanan SFC. Tetapi hingga laga usai, SFC berhasil merayakan keunggulannya dengan menyelesaikan pertandingan 3-2. SFC resmi merebut gelar juara PGK 2018.

(oz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.