BJ Habibie Disebut Alami Kebocoran Klep Jantung, Apa Itu?

  • Bagikan

RAKYATJATENG, JAKARTA – Kondisi kesehatan Presiden ke-3 RI BJ Habibie tengah menurun. Ia saat ini tengah mendapat perawatan di salah satu rumah sakit di Munchen, Jerman.

Sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto, mengatakan tim dokter saat ini tengah melakukan observasi terhadap kesehatan Habibie. Diduga ada kebocoran pada klep jantung yang pernah dipasang.

Masih observasi. Sedang diperiksa oleh tim dokter di sana. Nanti akan diupdate karena kan perbedaan waktu 6 jam dengan di Jerman,” ujar Rubijanto, Sabtu (3/3) kemarin.

Apa itu penyakit kebocoran klep jantung? Situs Mayo Clinic menyebut kebocoran klep jantung merupakan kondisi di mana klep jantung tidak berfungsi dengan baik, tidak menutup dan tidak kembali seperti semula.

Gangguan ini membuat darah sulit mengalir ke ruangan (bilik jantung) atau pembuluh darah seharusnya. Darah yang seharusnya mengalir ke pembuluh darah bisa berbalik kembali ke dalam jantung. Akibatnya, jumlah darah yang dialirkan ke tubuh akan berkurang.

“Kondisi ini menyebabkan pasien mudah lemah dan lemas, sering merasa lelah, nyeri dada, dan juga mudah ngos-ngosan serta kehabisan napas,” tulis Mayo Clinic.

Gejala kebocoran klep jantung biasanya tidak terlihat. Namun jika kebocoran terjadi di lebih dari satu klep jantung, maka ada beberapa gejala yang bisa timbul antara lain:

– Bunyi detak jantung yang abnormal
– Dyspnea atau kesulitan bernapas ketika berbaring
– Rasa lemas
– Kaki yang bengkak

(dtc)

  • Bagikan