126 Desa di Sukoharjo Akan Gelar Pikades, Tiap Desa Dianggarkan Rp 30 Juta

  • Bagikan

RAKYATJATENG, SUKOHARJO – Sebanyak 126 desa yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2018 akan mendapatkan dana Rp 30 juta. Nantinya, bila bantuan tersebut dianggap kurang pihak desa bisa mengalokasikan dari dana desa.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Sukoharjo Setyo Aji Nugroho mengatakan, anggaran tersebut sama seperti Pilakdes tahun sebelumnya. Dia menuturkan, bila pihak desa merasa kurang dengan dana yang ada. Mereka diberikan kelonggaran untuk menggunakan dana desa. “Bisa memasukannya melalui APBDes. Itu penting sebab kalau menggantungkan bantuan dari pemerintah belum cukup,” katanya.

Seperti diketahui, kebutuhan untuk penyelenggaraan Pilkades masing-masing desa tentu berbeda. Sebab, ada desa dengan kondisi wilayah padat dan ada desa dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu padat. Sesuai aturan dari pemerintah setiap penyelenggaraan Pilkades pemerintah daerah wajib memberikan dana bantuan. Nominal yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Kebutuhan dana memang dibebankan pada APBD atau keuangan daerah tapi kalau kurang bisa dibebankan ke APBDes atau desa setempat,” tuturnya. (jpc)

  • Bagikan