Rumah Diterjang Longsor, Warga Batang Dievakuasi

oleh

RAKYATJATENG, BATANG – Intensitas hujan yang tinggi, mengakibatkan longsor yang menerjang sebuah rumah milik warga di Dusun Rejosari, Desa Prenten, Kecamatan Bawang, Batang sebagiannya roboh, Senin (26/2). Sebanyak 4 penghuni rumah, langsung dievakuasi dan dilarikan ke Puskesmas Dieng.

Dua korban di antaranya kemudian dirujuk ke Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Kabupaten Wonosobo untuk penanganan medis lebih lanjut. Selain merusak satu rumah, longsoran bukit setempat juga mengancam 9 rumah lainnya yang dihuni 15 KK.

Rumah yang roboh milik Komeng (32) warga RT 4 RW 2 Dusun Rejosari, Desa Prenten. Empat penghuni rumah yang tengah istirahat di dalam rumah, sempat tertimbun material longsoran dan langsung dievakuasi oleh warga.

Penghuni rumah yang merupakan satu keluarga ini yakni Komeng (32), Bariyah (31), Ani Fadilah (12) dan Nabila (3,5). Bariyah dan Nabila, ibu dan anak ini kemudian dirujuk ke Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Wonosobo.

Hingga Selasa (27/02) dini hari, warga masih berjaga-jaga di sekitar lokasi sebagai antisipasi adanya longsor susulan, mengingat tanah dan tebing labil akibat hujan deras. Garis polisi pun tampak terlihat di lokasi longsor.

Melihat adanya potensi longsor susulan yang mengancam 9 rumah yang dihuni 15 KK, Dandim 0736 Batang, Letkol Kav Henry RJ Napitupulu, langsung meminta warga setempat untuk mengungsi.

“Setelah kita cek ke lokasi, potensi longsor masih ada dan kita evakuasi untuk mengungsi,” kata Dandim 0736 Batang Letkol Henry Napitupulu, pada detikcom di lokasi terjadinya longsor, Selasa (27/2/2018) dini hari.

Benar adanya, setelah dilakukan evakuasi warga untuk mengungsi oleh TNI-Polri dan SAR, terjadi beberapa kali longsor susulan. Bahkan, terjadi retakan tanah amblas sepanjang 10 meter dengan lebar sekitar 30 cm.

“Hari ini prioritas evakuasi warga yang terancam longsor untuk segera mengungsi demi keselamatan. Besok pagi melaksanakan giat karya bhakti membersihkan puing material longsoran,” jelas Dandim Batang.(dtc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.