Pasokan dari Petani Kurang, Harga Cabai Merah Besar Naik Tapi Harga Bawang Turun

oleh

RAKYATJATENG, PURWOKERTO – Akibat paasokan dari petani berkurang, harga cabai merah besar di pasar tradisional, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengalami kenaikan sebesar Rp2.500 per kilogram.

Dari pantauan di Pasar Manis, Selasa (27/2), harga cabai merah besar saat sekarang mencapai Rp45.000 per kilogram setelah sempat bertahan pada kisaran Rp42.500 per kilogram dalam beberapa pekan.

Menurut Yuni, seorang pedagang sayuran, kenaikan harga cabai merah besar terjadi karena pasokan dari petani berkurang.

Dijelaskannya, dari informasi yang diterimanya, tingginya curah hujan dalam beberapa waktu terakhir mengakibatkan tanaman cabai terserang penyakit patek dan busuk batang. “Akibatnya pasokannya pun menjadi berkurang,” tutur Yuni.

Meski begitu, Yuni mengaku bahwa ada juga yang mengalami penurunan, yaitu harga cabai merah keriting. Dikatakannya, harga cabai merah keriting mengalami penurunan dari Rp42.500 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram.

Bukan itu saja, untuk cabai rawit merah juga mengalami penurunan dari Rp60.000 per kilogram pada pekan lalu, kini Rp55.000 per kilogram.

Bahkan, harga cabai rawit hijau justru turun drastis, dari Rp42.500 per kilogram kini menjadi Rp25.000 per kilogram.

Sementara pedagang lainnya, Supri, mengatakan, untuk komoditas lainnya juga mengalami penurunan harga, yaitu bawang merah dan bawang putih.

Untuk harga bawang merah turun dari Rp31.000 per kilogram menjadi Rp30.000 per kilogram, sedangkan bawang putih turun dari Rp45.000 per kilogram menjadi Rp43.500 per kilogram. “Untuk bawah mengalami penurunan,” ujarnya. (dbs/yon)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.