14 Penyandang Disabilitas di Magelang Dapat Bantuan Kursi Roda

oleh

RAKYATJATENG, MAGELANG  – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang bekerjasama Perkumpulan Organisasi Harapan Nusantara (OHANA) Yogyakarta, melakukan kegiatan sosial. Mereka menyerahkan kursi roda yang berkualitas (seating clinic), Senin (26/2). Ada 14 penyandang disabilitas di Kota Magelang dan Kabupaten Magelang mendapatkan pelayanan kursi roda ini.

Kepala Dinsos Kota Magelang Hardi Siswantono menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tugas Dinsos dalam memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Dikatakannya, pelayanan kesejahteraan sosial khususnya bagi penyandang disabilitas merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Magelang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang senantiasa terus diupayakan secara terus menerus. “Ini bentuk kepedulian Pemerintah Kota,” kata Hardi.

Dikatakannya, untuk memberikan pelayanan bagi penyandang disabilitas, pihaknya melibatkan organisasi disabilitas di Kota Magelang.

Ambar Dwi Pratiknyo, Penyuluh Sosial Pertama pada Dinsos Kota Magelang mengatakan pelayanan ini merupakan upaya Dinas Sosial dalam  mengakses sistem sumber yang dapat membantu para penyandang disabilitas agar lebih berdaya, mandiri dan mampu melaksanakan fungsi sosial di masyarakat.

“Sebagai salah satu wujud pelayanan kepada masyarakat terutama penyandang disabilitas. Meskipun  mereka dalam segala keterbatasan namun mereka tetap berhak mendapatkan pelayanan yang sama seperti masyarakat pada umumnya,” jelas Ambar.

Ambar menjelaskan bahwa kegiatan ini dipandu  oleh Instruktur Seating Clinic dari Amerika Serikat, Inggris dan Hongkong. Kursi roda yang diterima oleh disabilitas ini tidak hanya berfungsi sebagai alat mobilitas saja namun bisa digunakan sebagai alat terapi bagi penggunanya.

”Setiap kursi roda yang digunakan akan disesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing penyandang disabilitas. Dapat untuk mendukung pertumbuhan fisik dari penyandang disabilitas,” jelas Ambar.

Risnawati Utami, Direktur OHANA menjelaskan Perkumpulan OHANA merupakan lembaga sosial masyarakat yang bergerak dalam hal pemberdayaan dan advokasi hak-hak penyandang disabilitas yang konsen terhadap hak-hak disabilitas.

Berdasarkan pemikiran tersebut OHANA (Perkumpulan Organisasi Harapan Nusantara) yang bersekretariat di Jl. Kaliurang Km 16,5 Kledokan RT 02 RW 07 Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta sedang melaksanakan program advokasi sistem layanan kursi roda yang adaptif bekerja sama dengan Global Mobility dan Kedutaan Besar Australia dan melibatkan komunitas penyandang disabilitas.

Risna mengatakan kursi roda ini didatangkan dari luar negeri yaitu dari Amerika karena masih kesulitan mendapatkan prototipe kursi roda yang cocok dengan penyandang disabilitas. Kedepannya diharapkan ada transfer ilmu, teknologi dan keahlian dari instruktur luar negeri. (hms-yon)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.