Pedagang Mulai Tempati Pasar Klithikan Penggaron Semarang

oleh

RAKYATJATENG, SEMARANG – Setelah dilakukan dosialisasi relokasi oleh Dinas Perdagangan Kota Semarang, kini para pedagang telah menempati tempat relokasi di Pasar Klithikan Penggaron Semarang. Semula para pedagang kaki lima ini menempati bantaran Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) Semarang.

Toro seorang pedagang aksesoris kendaraan yang sudah menempati Pasar Barito Baru mengaku sebenarnya tidak butuh waktu lama menjadikan tempat baru itu sebagai jujukan konsumen yang mencari aksesoris kendaraan.

Menurutnya, banyak PKL Barito yang mulai menata barang di kios masing-masing di tempat relokasi sehingga dalam waktu tidak terlalu lama seluruh pedagang diharapkan sudah mulai beraktivitas seperti biasa.

Mengenai sejarah PKL Barito yang berada di bantaran Sungai BKT Semarang, kata dia, sebenarnya berasal dari Jalan Kartini, kemudian pindah ke kawasan Tawang, sebelum menempati Barito di pinggir Sungai BKT Semarang.

“Sekitar 1980-an, ketika itu Barito juga masih sepi. Mungkin ada sekitar satu tahunan menjadi ramai. Jadi, saya yakin di tempat baru ini juga bisa cepat ramai. Apalagi, lokasinya dekat dengan jalan raya,” katanya.

Toro menyebutkan setidaknya ada 236 PKL yang ada di Pasar Barito di Kelurahan Rejosari yang diharapkan segera menempati Pasar Barito Baru untuk bersama-sama meramaikan tempat tersebut sebagai jujukan masyarakat.

“Dari pemberitaan-pemberitaan di media juga sudah banyak membantu. Setidaknya, masyarakat tahu kalau pedagang di Barito direlokasi di sini (Pasar Barito Baru, red.). Banyak juga orang yang datang ke sini,” katanya.

Pedagang onderdil dan aksesoris sepeda motor di Semarang, Rohmat, Senin (26/2), mengaku sudah beberapa hari membuka usaha di tempat relokasi yang kini juga dinamai Pasar Barito Baru, Semarang.

Diakuinya, jumlah pembeli di pasar baru itu memang belum seramai di lokasi semula di kawasan Barito, tetapi setiap hari ada yang datang untuk membeli barang dagangannya, mulai onderdil hingga aksesoris kendaraan.

Menurutnya, jumlah pembeli yang datang akan semakin banyak jika seluruh pedagang di kawasan Barito sudah menempati Pasar Barito Baru, dan tidak butuh waktu lama pasar baru tersebut akan kembali ramai seperti pasar lama.

“Insya Allah, di tempat usaha baru ini akan lebih prospek. Kami berharap para PKL yang masih berada di kawasan Barito segera pindah ke sini,” ujarnya. (dbs/yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *