Hari Ini Pencarian Tujuh Korban Longsor Brebes Masih Nihil

oleh

RAKYATJATENG, BREBES – Petugas tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian terhadap tujuh korban yang diduga kuat masih tertimbun material longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, hingga hari ke-5, Senin (26/2). Untuk mencari korban yang tertimbun, diturunkan anjing pelacak dari K-9 Polda Jawa Tengah.

Masa tanggap darurat bencana masih berlanjut hingga 7 Maret 2018. Di hari ke-5 ini, pencarian korban longsor masih berbuah nihil. Sejumlah tim relawan gabungan terus berjibaku melakukan pencarian dan memanfaatkan mesin pompa untuk membuang air di lokasi longsor. Itu dilakukan agar nantinya alat berat bisa masuk untuk melanjutkan pencarian tujuh korban yang belum ditemukan.

Kali ini proses pencarian tujuh korban tanah longsor, difokuskan di tiga sektor. Sektor itu yakni persawahan, kemudian jalan nasional dan longsoran bawah Jembatan Kopeng.

“Ini masih dilanjutkan untuk upaya pencarian. Saat ini difokuskan di 3 titik. Pencarian diperkuat dengan mendatangkan anjing pelacak,” kata Rindang, salah seorang relawan.

Hanya saja, tiga alat berat yang rencana digunakan untuk membantu proses evakuasi terpaksa ditarik dari sektor 2. Pasalnya, alat itu belum bisa digunakan secara maksimal.

“Medan bercampur air jadi terpaksa alat berat disingkirkan terlebih dahulu,” kata salah seorang relawan.

Untuk mengatasinya, petugas memanfaatkan mesin pompa untuk membuang air di lokasi longsor. Sehingga nantinya alat berat bisa masuk untuk melanjutkan pencarian tujuh korban yang belum ditemukan.

Selain itu, tim relawan juga masih mengalami kendala yaitu medan yang berat, cuaca yang kurang bersahabat, dan ancaman longsor susulan.

Hingga hari kelima, tujuh orang masih dinyatakan hilang akibat tertimbun tanah longsor. Kemudian 11 korban meninggal dunia saat ini sudah dikembalikan ke pihak keluarga untuk dikebumikan. (yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.