25 Ribu Warga Korban Banjir Mengungsi, Mensos Diagendakan Datang

oleh

RAKYATJATENG, JAKARTA – Menteri Sosial Idrus Marham bakal mengunjungi pengungsi korban banjir bandang di Cirebon, Jawa Barat. Setidaknya, 25 ribu warga mengungsi akibat peristiwa itu.

“Mensos dan rombongan akan berangkat dari Jakarta menuju Kabupaten Cirebon menggunakan jalur darat,” kata Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat, Senin (26/2).

Idrus akan meninjau lokasi pengungsian banjir di Desa Cilengkrang, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon.

Berbagai agenda juga dilaksanakan sebelum mengunjungi pengungsi. Di antaranya, membagikan beras sejahtera, menyerahkan bantuan bencana alam, dan program keluarga harapan (PKH) di GOR Sukadana.

Mensos juga akan meninjau lokasi longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah besok, Selasa, 27 Februari 2018. Ia akan meninjau dapur umum dan ketersediaan kebutuhan logistik lainnya untuk pengungsi.

Di lokasi pengungsian di Desa Widusakti, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Mensos juga sekaligus menyalurkan bantuan santunan ahli waris, korban luka, dan pencairan PKH serta rastra.

Selanjutnya, Mensos Idrus Marham menuju Kebumen untuk meninjau pencairan PKH dan rastra di Pendopo Bupati Kebumen.

Sekitar seribu rumah di delapan kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung dan meluapnya Sungai Cijangkelok serta intensitas hujan yang tinggi sejak Kamis malam, 22 Februari.

Sekitar 25 ribu jiwa warga mengungsi akibat meluapnya Sungai Cisanggarung dan Cijangkelok yang menyebabkan delapan kecamatan di Kabupaten Cirebon, yakni Losari, Ciledug, Pasaleman, Pabuaran, Pabedilan, Waled, Pangenan, dan Gebang terendam banjir. (mtv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *