Yuk ke Festival Durian Lolong di Pekalongan

oleh

RAKYATJATENG, PEKALONGAN – Pemerintah Pekalongan kembali menggelar festival durian terbesar di Jawa Tengah. Festival yang diberi nama Festival Durian Lolong 2018 ini digelar hari ini, Minggu (25/2).

Festival durian diselenggarakan di alun-alun desa, yaitu di Lapangan Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

Festival durian ini sempat terhenti dua tahun karena panen durian yang terhambat. Namun kini festival kembali digelar.

Menurut Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan, Bambang Irianto, bahwa festival tersebut akhirnya bisa dilaksanakan.
Dia mengatakan, tahun ini cukup (stok durian) untuk kembali diadakan festival. “Stok durian tahun ini sangat cukup,” katanya.

Dijelaskannya, bagi pengunjung yang ingin datang, festival durian ini tidak memungut biaya tiket masuk. Wisatawan yang datang bisa langsung masuk dan mengikuti semua rangkaian acara, juga menyicipi berbagai durian yang dijual.

Harga durian yang dijual kisaran Rp 50.000 per buah tergantung jenis dan keunggulan masing-masing.

Menurutnya, tahun ini panen durian di desa cukup memadai, melebihi dua tahun kemarin yang sempat gagal panen masal. Tahun kemarin durian yang jadi sangat terbatas, sentra sentra durian di desa pun tidak cukup untuk festival.

Dikatakannya, dalam festival durian tersebut, juga akan diadakan beberapa kegiatan seperti lomba durian unggul, kirab durian, kirab seni, dan kesenin, serta hiburan orkes rakyat.

Hanya saja, festival tahun ini sedikit berbeda dari tahun terakhir diadakan. Hal itu lantaran panitia tidak menyediakan paket makan durian sepuasnya bagi pengunjung. “Namun wisatawan tetap bisa membelinya dengan harga rendah untuk dimakan di lokasi atau dibawa pulang,” katanya. (dbs-kcm-yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.