Terkait Pilkada, Kapolres Temanggung: Yang Menang Merangkul yang Kalah, yang Kalah Harus Legowo

oleh

TEMANGGUNG – Kabupaten Temanggung adalah salah satu dari tujuh Kabupaten/Kota yang akan menggelar pesta demokrasi rakyat dalam Pilkada Serentak 2018, yaitu pemilihan calon bupati-wakil bupati, serta pemilihan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Tengah.

Menyikapi hal tersebut, Polres Temanggung telah menyiapkan diri untuk mengawal dan mengamankan pagelaran pesta demokrasi lima tahunan itu agar berjalan aman serta sukses tanpa ekses.

Salah satunya yaitu agenda kunjungan kerja Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo bersama jajarannya untuk bersilaturahmi dan bertatap muka dengan sejumlah Muspika, Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan Panwaslu pada masing-masing kecamatan.

Dalam lawatannya kali ini, sebanyak empat wilayah kecamatan yang dikunjunginya, yaitu Kecamatan Tembarak, Kranggan, Pringsurat dan Kaloran.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo menuturkan, kegiatan tatap muka ini guna menjalin silaturahmi serta sebagai upaya untuk menciptakan dan menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif selama masa Pilkada Serentak tahun 2018.

“Boleh beda pilihan, namun tetap jaga persatuan. Yang menang merangkul yang kalah, dan yang kalah harus legowo,” katanya saat menyampaikan pesan-pesan Pilkada damai, di Kantor Kecamatan Kranggan, Temanggung, Sabtu (24/2).

Pada kesempatan ini, Kapolres Temanggung memperlihatkan video tentang keindahan alam Kabupaten Temanggung dan video kerusuhan di berbagai wilayah nusantara, salah satunya yang terjadi di Temanggung pada tahun 2011 silam.

Dikatakan Wiyono, ditampilkannya video tersebut, lantaran ia ingin menggugah hati masyarakat agar memiliki rasa cinta tanah air serta agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan NKRI dengan penuh cinta damai.

“Mau aman atau tidak aman, mau damai atau tidak damai, semua itu kita sendiri yang menciptakan. Kalau ingin hidup adem ayem, aman dan damai sudah seharusnya kita menjaganya, karena menjaga keamanan bukan hanya tugas polisi, tapi semua warga negara memiliki kewajiban yang sama,” terang Pria kelahiran Kediri Jawa Timur ini.

Ia juga mengimbau kepada Kapolsek agar rajin turun ke lapangan menyapa masyarakat untuk memberikan pesan kamtibmas, khususnya terkait dengan pelaksanaan Pilkada agar berjalan dengan aman dan lancar.

“Pak Kapolsek harus rajin turun ke lapangan agar dekat dengan masyarakat, sampaikan pesan kamtibmas kepada mereka. Kalau bisa untuk tempat-tempat seperti tempat ibadah, sekolahan, pasar, kantor pemerintah/instansi dan pabrik agar dipasang kamera pengawas (CCTV),” pungkasnya. (sen-hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.