Unisbank Semarang Jalin Kerjasama lnstitut Akuntan Publik Indonesia dan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia

  • Bagikan

RAKYATJATENG, SEMARANG – Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang terus menjalin kerjasama dengan lembaga mitra untuk bersinergi menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Hal ini terbukti ketika Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unisbank Semarang bekerjasama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) menggelar seminar nasional di kampus Unisbank Kendeng, Semarang, Rabu (21/2).

Seminar bertajuk “Profesi Akuntan Publik, Audit Investigasi dan Profesi Konsultan Pajak” tersebut, diikuti serta dihadiri 100 orang dari berbagai perguruan tinggi, dosen internal dan instansi pemerintah.

Hadir sebagai narasumber adalah Rachmad Wahyudi, seorang akuntan publik yang sudah berpengalaman dalam menjalankan profesinya dan Franky Setyawan dari Instititut Akuntan Publik Indonesia.

Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unisbank Semarang Dr Euis Soliha SE M Si menuturkan, selain seminar nasional pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Institut Akuntan Publik Indonesia dan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia dan Unisbank Semarang.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Eksekutif Institut Akuntan Publik Indonesia, Franky Setyawan dan Ketua Pengurus Ikatan Konsultan Pajak Indonesia yaitu J M Maryanto SH.

“Kerjama sama ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas calon profesi akuntan publik dan konsultan pajak agar mampu menjaga profesionalismenya serta siap dalam menghadapi situasi nantinya,” ujarnya.

Tentu kerjasama ini, lanjutnya, sinergi dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unisbank Semarang. Kebetulan di Unisbank Semarang juga mempunyai pendidikan Program Profesi Akuntansi (PPaK).

“Diharapkan kedua profesi ini juga dituntut untuk mempunyai keterampilan dalam melakukan audit investigasi. Hal inilah nilai lebih ketika sudah lulus Sarjana,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Unisbank Semarang Dr H Hasan Abdul Rozak SH CN MM. Menurutnya, dalam rangka kerjasama ini Unisbank Semarang telah menyiapkan Tes Centre guna mendorong kelulusan yang mempunyai kompetensi sebagai akuntan professional dan kompetensi dalam perpajakan.

“Kedepan, diharapkan semakin banyak mahasiswa S1 Akuntansi Unisbank Semarang yang mendapatkan sertifikasi sebagai akuntan public melalui Ujian Profesional Akuntan Publik,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Rachmad Wahyudi dan Franky Setyawan memberikan motivasi kepada peserta seminar nasional agar mampu berkontribusi sesuai dengan disiplin keilmuan dan pengalamannya.

Rahmad Wahyudi mengatakan, kedua profesi ini seringkali dibutuhkan, baik sebagai saksi ahli dalam perkara bidang ekonomi ataupun mengetahui kesehatan ekonomi perusahaan.

“Ini adalah prospek yang dapat dijadikan peluang dalam kerjasama ini,” katanya. (Sen)

  • Bagikan