Inilah Nama 11 Korban Hilang Akibat Longsor di Brebes

  • Bagikan

RAKYATJATENG, BREBES – Sebanyak 11 orang belum ditemukan setelah longsor melanda kawasan hutan produksi milik perhutani BKPH Salem petak 26 RPH Babakan di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (22/2) sekitar pukul 08.00 WIB.

Saat kejadian, puluhan petani sedang bekerja di sawahnya di kawasan itu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebanyak 14 petani selamat tetapi mengalami luka-luka.

Sementara itu, sebelas orang lainnya belum ditemukan, mereka adalah:

1. Ibu Rasminah, RT 3/3
2. Bpk Turkian, RT 3/3
3. Bpk Haryanto, RT 2/2
4. Bpk Juhari, RT 1/1
5. Ibu Cumyati, RT 4/1
6. Bpk H. Rismanto, RT 2/1
7. Bpk Wastoni, RT 3/1
8. Bpk Daswa, RT 2/2
9. Bpk Sujono, RT 2/1
10. Ibu Tarsinah
11. Bpk Kuswanto

Longsor terjadi setelah dalam beberapa hari terakhir, hujan turun cukup intens di kawasan ini. Akibatnya, beban air tanah bertambah.

“Longsor dari perbukitan turun menuruni lereng mengikuti kontur tanah dan gravitasi sehingga menerjang sawah di bawahnya,” ungkap Sutopo dalam rilisnya.

Korban luka-luka saat ini dirawat di Puskesmas Bentar Desa Pasir Panjang. Aparat setempat, terdiri dari anggota TNI, Polri, BPBD, Camat Salem, PMI, SAR, dan relawan dibantu warga setempat masih berupaya melakukan evakuasi.

Material longsor yang tebal dan luas masih bergerak sehingga membahayakan petugas. Masyarakat dilarang berada di lokasi longsor untuk mengantisipasi longsor susulan.

Longsor juga menutup akses jalan provinsi antara Kecamatan Salem menuju Kecamatan Banjargarjo Kabupaten Brebes sehingga tidak dapat dilalui. (kcm)

  • Bagikan