Akhir Hayat Simon Barnes, Si Tinky Winky di Teletubbies

oleh

FAJAR.CO.ID – Pemeran Tinky Winky di Teletubbies, Simon Barnes, meninggal dunia pada usia 52 tahun. Ayah tiga anak itu meninggal dunia Jumat lalu (19/1/2018), namun kabar ini baru tersiar pada Selasa (23/1/2018).

Simon dinyatakan meninggal empat hari setelah hari ulang tahunnya di rumahnya di Ampthill, kota kecil di Georgia, Bedfordshire, Inggris.

Hal ini diketahui langsung dari unggahan putranya, Henry, di laman Facebook miliknya, seperti dilansir The Telegraph. Henry juga mengungkapkan penyesalannya ketika ia malu menjadi anak dari seorang penari dan aktor Teletubbies.

“Dulu kecil, saya sangat malu mengakui ayah saya seorang penari dan juga aktor. Tapi sekarang, saya bangga memanggil dia ayahku. Kini dia berada di tempat yang lebih baik. Saya tahu dia tidak ingin saya bersedih, jadi saya berjanji akan menjalani hidupku seperti yang diinginkannya padaku. Selamat jalan ayah,” tulisnya.

Meski pun Teletubbies sudah berhenti tayang sejak 2001 lalu, namun hingga kini, Barnes selalu menerima begitu banyak surat dari para penggemar, baik anak-anak dan orang tua yang menonton aksinya selama menjadi pemeran Tinky Winky.

Ragdoll, rumah produksi yang menciptakan Teletubbies, sangat bersedih atas kepergian Shelton Barnes yang pernah menjadi rekan kerja mereka.

Penyebab kematian Barnes sampai saat ini belum terungkap. Seperti dilansir Guardian, Barnes adalah seorang penari dan koreografer balet yang terlatih. Namun, dia terkenal dengan menjadi salah satu figur di Teletubbies tertinggi dibanding lainnya. Dia selalu membawa tas tangan ajaib berwarna merah.

Emily Attack, keponakan Barnes, memberikan penghormatan terakhir melalui akunnya di Instagram. Dia menyebut Barnes sebagai sosok luar biasa.

“Pria yang paling baik dan bertalenta yang pernah kalian ingin temui. Dicintai semua orang yang mengenalnya, dan akan dicintai selamanya,” kata Emily yang juga aktris.

Barnes mengambil alih peran Tinky Winky pada tahun 1997 dari Dave Thompson yang mengaku dipecat setelah 70 episode karena interpretasinya terhadap peran itu tidak dapat diterima. Teletubbies pertama kali ditayangkan di BBC pada tanggal 31 Maret 1997.

Acara ini kemudian dijual kepada banyak stasiun siaran di seluruh dunia dan mendulang kesuksesan masif. Selain itu, penjualan barang dari keempat karakter teletubbies ini mencapai lebih dari £ 1 miliar di seluruh dunia.

Pada 1999, sosok Tinky Winky pernah memicu kontroversi karena dituduh sebagai peran gay yang dikhawatirkan bisa merusak moral anak-anak. “Dia pakai baju warna ungu, warna gay pride, dan antenanya berbentuk seperti segitiga, simbol kebanggaan gay,” tulis Jerry Falwell, seorang pastor Amerika Serikat.

Tapi, Barnes menganggap pertanyaan mengenai peran gay sebagai hal konyol. “Karakternya seharusnya berusia tiga tahun jadi pertanyaannya benar-benar sangat konyol,” kata Barnes. (fajar/JPC/jpg)

One thought on “Akhir Hayat Simon Barnes, Si Tinky Winky di Teletubbies

  1. I was suggested this website via my cousin. I am no longer positive whether or not this publish is written through him as nobody else know such particular approximately my trouble. You are amazing! Thank you!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.