Jenis Makanan Ini Pangkas Resiko Kematian Akibat Penyakit Jantung

  • Bagikan

FAJAR HEALTH – Hidup dengan pola makan sehat adalah faktor penting dalam mengurangi resiko terkena serangan jantung. Menurut sebuah studi tahun 2016, mengkonsumsi asam lemak omega-3 sebagai bagian dari pola makan sehat ternyata memiliki keuntungan tersendiri terhadap kesehatan jantung manusia.

Studi yang dirilis pada JAMA Internal Medicine itu menyebutkan bahwa konsumsi, omega-3 yang dapat ditemui pada jenis makanan seafood dan makanan berbasis sayur-mayur, bayam, bunga kol, brokoli dan kacang-kacangan amat berpengaruh terhadap resiko kematian yang disebabkan gagalnya fungsi jantung.

Hasil temuan ini, termasuk studi-studi yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan, kata pimpinan studi Liana C. Del Gobbo, Ph.D., menyediakan gambaran paling komprehensif tentang bagaimana omega-3 berdampak terhadap penyakit jantung

Menurut data yang dianalisa para peneliti dari 19 studi terdahulu yang melibatkan 45.637 partisipan yang berasal dari 16 negara, termasuk di antaranya AS, Inggris, Italia, Norwegia dan Australia, ditemukan bahwa 7.973 partisipan yang pernah mendapatkan serangan jantung untuk kali pertama, terdapat 2.781 kasus yang terjadi dengan kematian.

Dari situ diketahui bahwa mereka yang mengkonsumsi omega-3 dapat menurunkan prosentase dari ancaman serangan jantung yang mematikan sebesar 10 persen, dibandingkan mereka yang memiliki kadar omega-3 yang rendah. (ruf/fajar)

Sumber: Tufts.edu

  • Bagikan