5 Penyebab Rasa Sakit pada Puting Pria

oleh

FAJAR HEALTH – Rasa sakit pada puting tidak hanya terjadi pada wanita, pria juga mengalaminya. Di balik rasa sakit itu ada 5 alasan yang bertanggungjawab atas perasaan yang tidak nyaman itu.

Berikut penyebab rasa sakit pada puting pria yang mungkkn pernah Anda alami seperti diambil dari MensHealth.com.sg:

1. Gesekan dengan baju

Gesekan antara baju yang Anda gunakan saat olahraga atau jogging adalah salah satu penyebab yang umum terjadi, khususnya pada pria. Jika Anda mengalami hal ini, bisa diakali dengan menutup puting menggunakan plester

2. Alergi bahan tertentu

Anda bukan tipe orang yang gemar berlolahraga, namun sakit pada puting juga bisa terjadi pada Anda. Penyebabnya adalah alergi pada bahan tertentu baju yang Anda kenakan. Solusi terbaik adalah dengan mengenakan pakaian yang mampu menyerap kelembaban (dry-fit).

3. Infeksi puting

Bagi yang memiliki rambut di area puting mungkin dapat mengalami kondisi ini. Penggunaan pisau cukur di area puting dapat memicu terjadinya pendarahan dan rasa sakit yang mengganggu. Solusi terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi antibiotik untuk mengatasi infeksi yang terjadi.

4. Gynecomastia

Kondisi ini terjadi ketika terlalu banyak jaringan lemak yang terkumpul pada dada. Pemicunya adalah ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan testosterone, juga faktor gaya hidup, penggunaan obat tertentu dan konsumsi alkohol. Pada kasus tertentu, kondisi ini memerlukan operasi, namun tidak selalu.

5. Kista

Pria juga dapat mengalami kista juga infeksi yang terjadi pada jaringan dada, terlebih ketika puting terlihat terlalu kering, baik karena udara dingin atau memiliki sejarah penyakit eksim. Kista dapat menyebabkan puting pecah-pecah dan luka kecil pada kulit puting yang terdampak, memudahkan bakteri untuk masuk. Rasa sakit pada puting juga bisa disebabkan oleh kanker payudara, meski langka terjadi. Ketika ini terjadi, solusi terbaik tentu dengan memeriksakan kondisi Anda pada dokter.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.