Minum Teh Cegah Kebutaan Akibat Glaukoma?

oleh

FAJAR HEALTH – Glaukoma adalah salah satu penyakit yang bertanggungjawab atas kebutaan selain katarak. Glaukoma sendiri diketahui terjadi secara perlahan-lahan dan kadang tidak disadari oleh penderitanya.

Gejala awalnya sendiri adalah mulai berkurangnya pandangan mata sang penderita sedikit demi sedikit, yang disebabkan terhambatnya saluran cairan dari bola mata.

Penyebab seseorang bisa terkena glaukoma selain akibat meningkatnya tekanan bola mata diatas 20mmHg, juga dapat diakibatkan oleh hipertensi dan diabetes mellitus. Karenanya bagi anda yang mengalami rasa nyeri pada mata, pusing, pandangan samar, mata memerah, mual dan muntah, segeralah periksakan kondisi anda sebelum terlambat.

Anda mungkin pernah mendengar tentang sebuah penelitian yang dirilis pada British Journal of Ophthalmology yang menyebutkan bahwa resiko glaukoma dapat dicegah hingga 74 persen hanya dengan konsumsi teh. Namun benarkah itu adanya?

Menurut Anne Coleman, penulis studi lain dari University of California, Los Angeles, janganlah terlalu berhadap atas termuan tersebut.

“Peminum teh harus sadar bahwa temuan tersebut masih dalam tahap awal dan bahwa dengan meminum teh (saja) tidak cukup untuk mencegah glaukoma,” kata dia Coleman

Keraguan yang sama juga ditunjukan oleh Naveed Sattar, profesor of metabolic dari University of Glasgow yang mengatakan: ”Minum teh tanpa gula memang memberikan manfaat sehat tersendiri karena minuman ini sangat rendah kalori, selain manfaat, namun kalau untuk mencegah glaukoma, saya rasa ini perlu dipertanyakan,” kata dia.(ruf/fajar)

Sumber: MensHealth.com.sg



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.