6 Jenis Buah dan Sayuran Ini Tawarkan Benefit Detox

FAJAR HEALTH – Detox atau detoksifikasi adalah proses pembuangan atau penetralan racun memanfaatkan beberapa organ tubuh seperti liver, ginjal, usus besar, paru-paru, kulit dan limpatik.

Detoksifikasi sendiri memberikan banyak keuntungan, seperti mendorong efektifitas kinerja sistem imune, mendorong metabolisme melalui pembakaran kalori serta membersihkan darah dari zat-zat berbahaya.

Tidak hanya itu, detoksifikasi juga berfungsi untuk meningkatkan vitalitas, menyehatkan kulit, menurunkan berat badan, menjernihkan pikiran yang penat dan beberapa lainnya.

Salah satu cara melakukan detox adalah dengan melibatkan konsumsi home remedy yang mudah ditemukan di pasaran.

Berikut beberapa kombinasi detox yang mungkin ingin Anda coba di rumah:

1. Cranberry

Kombinasi antara jus cranberry murni dan dua sendok teh cuka apel, air dan madu sangat berkhasiat dalam menyingkirkan bakteri dan toksin dalam ginjal.

2. Pare

Konsumsi pare juga dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi liver, mengurangi rasa sakit yang disebabkan asam urat serta meningkatkan sirkulasi darah.

3. Wortel

Daun wortel sendiri dipercaya memiliki manfaat lebih jika dibandingkan akarnya. Berkat kandungan vitamin C, daur wortel efektif digunakan untuk membuang racun liver dan keseluruhan tubuh secara umum.

4. Cilantro

Cilantro atau daun ketumbar adalah obat herbal yang dikenal sebagai salah satu yang efektit mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh, dalam hal ini logam berat dan berbagai macam racun lainnya.

5. Lada hitam

Selain efektif berfungsi membakar kalori, air rebusan lada hitam juga dapat bertindak sebagai minuman detoksifikasi dengan menyingkirkan toksin berbahaya dari tubuh dan menjaga performa tubuh di level yang optimal.

6. Kunyit, jahe, madu

Kombinasi ini sangat baik untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah yang dapat berakibat pada terganggunya fungsi jantung yang juga berbuntut pada rusaknya fungsi organ tubuh lain. Sebab itu, penting bagi kita untuk melakukan proses detoksifikasi liver, salah satunya dengan cara mengkonsumsi teh dengan ramuan alam yang menyehatkan ini.

(ruf/fajar)