Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Benar Menurut Dokter

FAJAR HEALTH – Kita sudah sama-sama tahu bahwa telinga adalah salah satu indera terpenting dari tubuh manusia. Namun terkadang, rasa gatal pada kanal telinga tidaklah terhindarkan.

Hal inilah yang kemudian dijadikan alasan bagi orang untuk menggunakan cotton buds atau Q-tips untuk membersihkannya. Namun bolehkah itu dilakukan?

“Telinga kita dibuat dari permukaan (kulit) yang dapat membersihkan dirinya sendiri.” Kata Ana Kim, M.D., otolaryngolog dari Columbia University Medical Center.

Lalu bagaimana menjaga agar telinga tetap terjaga kebersihannya? Kata Dr. Kim, cukup dengan menggunakan washcloth pada telinga bagian luarnya saja dan membiarkan bagian dalam tak tersentuh, karena seriphan kotoran dapat dengan sendirinya keluar.

Namun jika Anda memang ingin menggunakan Q-tips, maka pastikan Anda hanya menyentuh bagian luarnya saja, hal ini cukup untuk membersihkan serpihan kotoran atau penumpukan di luar kanal telinga.

Namun ada satu eksepsi jika memang earwax (cairan alami telinga) Anda menyebabkan berkurangnya pendengan, penyumbatan atau cairan berwarna kuning atau hijau.

Namun tetap, ia menyarankan untuk tidak menggunakan Q-tips atau sejenisnya untuk mengeluarkan earwax membandel.
Jika Anda ingin melakukannya sendiri, maka DIY removal yang bisa dibeli di toko obat adalah solusi terbaik untuk melembutkan teksur earwax dan menyemburkannya keluar dengan air hangat yang ditembakan dengan ala alat suntik (tanpa jarum tentunya). Akan tetapi ia menyarankan dokter sebagai pilihan utama. (ruf/fajar)