Bedanya Jeruk Nipis dan Lemon, Sudah Tahu?

oleh

FAJAR HEALTH – Sebagian orang mungkin terkadang agak bingung membedakan antara jeruk lemon dan nipis. Kedua buah sitrus ini memang menawarkan rasa yang mirip dengan bentuk dan profil nutrisi yang serupa. Namun jika dilihat dari sains, keduanya ternyata memiliki perbedaan lho.

Lemon dikenal sebagai Citrus Lemon dan jeruk nipis memiliki nama lain Citrus auratifolia. Jika secara fisik, lemon memiliki ukuran lebih besar, sementara jeruk nipis memiliki teksur rasa manis dan pahit, tergantung variasinya.

Selain ukurannya yang beda, bentuknya juga berbeda. Jika lemon agak oval, jeruk nipis memiliki bentuk yang bundar.

Jika dilihat dari kadar gizi, satu buah lemon menawarkan 53mg vitamin C sementara jeruk nipis hanya menawarkan 29mg per buahnya.

Perbedaan gizi juga terdapat pada vitamin lainnya. Jika nipis menawarkan lebih banyak vitamin A, lemon justru lebih kaya akan potasiu dan asam folat.

Kendati demikian, keduanya memiliki persamaan manfaat, yakni sama-sama menawarkan antioksidan yang mampu melawan pertumbuhan kanker.

Limonoid yang dimiliki keduanya mampu menghancurkan karsinogen (penyebab kanker) dan menciptakan lingkungan alkaline dalam tubuh. Keduanya juga berkhasiat menyingkirkan toksin dari tubuh dan mencegah inflamasi.(ruf/fajar)